Sunday, June 23, 2024

Tahapan Minat Beli

 


Seorang konsumen seringkali tidak menyadari awal mula
bagaimana ia kemudian memiliki minat pembelian pada suatu produk.
Sebelum memiliki keinginan atau hasrat emosional untuk memiliki
produk, ada tahapan yang terjadi pada benak konsumen dan menjadi
dorongan dalam melakukan pembelian.
Pernyataan dari Kotler (2008) ada empat tahapan yang terjadi
sebelum minat pembelian ini timbul dan tahapan ini dikenal dengan
model AIDA, yaitu:

  1. Attention. Ini adalah tahapan awal saat konsumen menaruh
    perhatiannya pada suatu produk saat ia menjumpainya di pasaran.
    Calon konsumen juga melakukan analisis produk serta
    mempelajari produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Interest. Dalam tahapan ini calon konsumen mulai mendapati
    dirinya memiliki ketertarikan pada suatu produk setelah mendapat
    informasi yang terperinci mengenai keadaan suatu produk
    tersebut.
  3. Desire. Rasa ingin memiliki dan mencoba produk tersebut sudah
    muncul. Namun calon konsumen masih berdebat dengan dirinya
    dan meyakinkan apakah produk tersebut memang layak untuk
    dimiliki dan memenuhi ekspektasi yang diharapkan.
  4. Action. Pada tahap ini calon konsumen sudah memeiliki
    kemantapan yang tinggi dan sampai pada keputusan akhir apakah
    ia akan membeli produk tersebut atau tidak

No comments:

Post a Comment