Friday, April 19, 2024

Faktor Penghambat Komunikasi

 


Meskipun komunikasi efektif dapat ditunjang oleh berbagai kesamaan
karakter dari pihak-pihak yang berkomunikasi, tetapi ada masalah-masalah yang
berpotensi menjadi penghalang komunikasi efektif. Menurut Stephen P. Robbins
(Eko Harry Susanto, 2010: 14) dalam pembahasa tentang perilaku organisasi yang
dihubungkan dengan peran atau pun eksistensi komunikasi dalam organisasi,
memaparkan tiga faktor yang berpotensi menghambat tercapainya komunikasi, yaitu:
1) Penyaringan atau manipulasi terhadap informasi, dengan tujuan supaya
menguntungkan atau merugikan bagi penerima informasi.
2) Persepsi selektif, melihat, mendengar berdasarkan kebutuhan individual.
Tindakan ini cenderung mengabaikan substansi pesan yang lebih luas,
tetapi hanya menggaris bawahi pesan yang dibutuhkan.
3) Emosi atau perasaan penerima ketika menerima pesan. Jika penerima
pesan dalam keadaan emosi, maka pengirim pesan sulit untuk
memperoleh respon yang diharapkan.
Menurut Suranto A. W (2011: 86), faktor-faktor yang menghambat
efektivitas komunikasi interpersonal adalah:
1) Kredibilitas komunikator rendah
2) Kurang memahami latar belakang sosial dan budaya
3) Kurang memahami karakteristik komunikan
4) Prasangka buruk
Prasangka negatif antara pihak-pihak yang terlibat komunikasi harus
dihindari karena mendorong ke arah apatis dan penolakan.
5) Verbalistis
Komunikasi yang hanya berupa penjelasan verbal berupa kata-kata saja
akan membosankan.
6) Komunikasi satu arah
Komunikasi hanya berjalan satu arah dari komunikator kepada
komunikan terus menerus dari awal sampai akhir, menyebabkan
hilangnya kesempatan komunikan untuk meminta penjelasan terhadap
hal-hal yang belum dimengerti.
7) Tidak digunakan media yang tepat
8) Perbedaan bahasa
9) Perbedaan persepsi
Apabila pesan yang dikirimkan oleh komunikator dipersepsi sama oleh
komunikan, maka keberhasilan komunikasi menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment