Wednesday, April 17, 2024

Fungsi Komunikasi

 


Proses dalam terjadinya suatu komunikasi dimulai dari pikiran seseorang
yang akan menyampaikan sebuah pesan atau informasi yang kemudian
dilambangkan baik itu berupa ucapan atau isyarat. Suatu komunikasi akan
berhasil apabila dari kedua belah pihak antara komunkator dan komunikan dapat
saling memahami pesan atau informasi yang disampaikan. Dalam komunikasi
menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi – dimensi Komunikasi
memiliki 4 fungsi komunikasi sebagai berikut :

  1. Public Information
    Memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan menerima suatu informasi
    yang benar maka masyarakat akan merasa aman dan tentram. Informasi yang
    akurat pastinya diperlukan oleh masyarakat untuk bahan dalam membuat
    keputusan.
  2. Public Education
    Mendidik masyarakat. Kegiatan komunikasi yang dilakukan kepada
    masyarakat dengan memberikan informasi adalah agar masyarakat menjadi lebih
    baik, lebih maju, dan lebih berkmebang kebudayannya. Mendidik sendiri disini
    adalah dengan memberikan berbagai informasi yang dapat menambah kemajuan
    masyarakat.
  3. Public Persuasion
    Mempengaruhi masyarakat. Mempengaruhi disini adalah suatu kegiatan yang
    memberikan informasi yang dapat dijadikan juga sebagai sarana untuk
    mempengaruhi masyarakat kearah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan.
  4. Public Entertaiment
    Menghibur masyarakat. Perilaku masyarakat dalam menerima informasi
    bukan untuk memenuhi rasa aman saja, tetapi dapat menjadi sasaran hiburan bagi
    masyarakat, karena pada saat ini banyak cara dalam penyajian informasi salah
    satunya melalui sarana seni hiburan.

No comments:

Post a Comment