Proses dalam terjadinya suatu komunikasi dimulai dari pikiran seseorang
yang akan menyampaikan sebuah pesan atau informasi yang kemudian
dilambangkan baik itu berupa ucapan atau isyarat. Suatu komunikasi akan
berhasil apabila dari kedua belah pihak antara komunkator dan komunikan dapat
saling memahami pesan atau informasi yang disampaikan. Dalam komunikasi
menurut Onong Uchjana Effendi dalam buku Dimensi – dimensi Komunikasi
memiliki 4 fungsi komunikasi sebagai berikut :
- Public Information
Memberikan informasi kepada masyarakat. Dengan menerima suatu informasi
yang benar maka masyarakat akan merasa aman dan tentram. Informasi yang
akurat pastinya diperlukan oleh masyarakat untuk bahan dalam membuat
keputusan. - Public Education
Mendidik masyarakat. Kegiatan komunikasi yang dilakukan kepada
masyarakat dengan memberikan informasi adalah agar masyarakat menjadi lebih
baik, lebih maju, dan lebih berkmebang kebudayannya. Mendidik sendiri disini
adalah dengan memberikan berbagai informasi yang dapat menambah kemajuan
masyarakat. - Public Persuasion
Mempengaruhi masyarakat. Mempengaruhi disini adalah suatu kegiatan yang
memberikan informasi yang dapat dijadikan juga sebagai sarana untuk
mempengaruhi masyarakat kearah perubahan sikap dan perilaku yang diharapkan. - Public Entertaiment
Menghibur masyarakat. Perilaku masyarakat dalam menerima informasi
bukan untuk memenuhi rasa aman saja, tetapi dapat menjadi sasaran hiburan bagi
masyarakat, karena pada saat ini banyak cara dalam penyajian informasi salah
satunya melalui sarana seni hiburan.
No comments:
Post a Comment