Wednesday, April 17, 2024

Hambatan-Hambatan dalam Komunikasi Organisasi

 


Komunikasi organisasi seringkali mengalami hambatan-hambatan yang
menghalangi kelancaran proses komunikasi dan menyebabkan konflik, Menurut
pandangan Robbins (Masmuh, 2013:80) terdapat empat hambatan dalam
komunikasi organisasi yaitu:

  1. Penyaringan (Filtering)
    Penyaringan merupakan hambatan yang terjadi ketika pesan yang
    tersampaikan oleh komunikator disaring atau dimanipulasikan agar
    memuaskan penerimanya. Contohnya, seorang manajer menyampaikan
    informasi yang tidak benar hanya untuk menyenangkan pimpinan. Jenis
    komunikasi semacam ini berpotensi merusak karena keputusan yang diambil
    atas dasar informasi yang telah dimanipulasi cenderung tidak akurat.
  2. Persepsi selektif
    Persepsi selektif merupakan hambatan yang terjadi ketika komunikan
    melihat dan mendengar hanya berdasarkan keperluan, motivasi, latar belakang
    pengalaman, dan ciri pribadi lainnya. Beberapa cara penafsiran pesan oleh
    individu dipengaruhi oleh pendidikan, pengalaman, pengetahuan dan budaya
    setempat yang dimiliki.
  3. Perasaan
    Perasaaan merupakan hambatan yang terkait dengan kondisi emosi
    penerima saat menerima pesan, yang mempengaruhi cara interpretasi pesan
    tersebut. Misalnya, pesan yang diterima saat marah akan diartikan berbeda jika
    diterima dalam keadaan biasa.
  4. Bahasa
    Setiap kata memiliki makna yang unik bagi setiap individu. Makna
    sebuah kata tidak hanya ditentukan oleh definisi kamus, tetapi juga oleh
    pengalaman, pengetahuan, dan budaya individu. Faktor-faktor seperti usia,
    pendidikan, lingkungan kerja, dan latar belakang budaya dapat mempengaruhi
    cara seseorang menggunakan dan menafsirkan bahasa.

No comments:

Post a Comment