Komunikasi organisasi seringkali mengalami hambatan-hambatan yang
menghalangi kelancaran proses komunikasi dan menyebabkan konflik, Menurut
pandangan Robbins (Masmuh, 2013:80) terdapat empat hambatan dalam
komunikasi organisasi yaitu:
- Penyaringan (Filtering)
Penyaringan merupakan hambatan yang terjadi ketika pesan yang
tersampaikan oleh komunikator disaring atau dimanipulasikan agar
memuaskan penerimanya. Contohnya, seorang manajer menyampaikan
informasi yang tidak benar hanya untuk menyenangkan pimpinan. Jenis
komunikasi semacam ini berpotensi merusak karena keputusan yang diambil
atas dasar informasi yang telah dimanipulasi cenderung tidak akurat. - Persepsi selektif
Persepsi selektif merupakan hambatan yang terjadi ketika komunikan
melihat dan mendengar hanya berdasarkan keperluan, motivasi, latar belakang
pengalaman, dan ciri pribadi lainnya. Beberapa cara penafsiran pesan oleh
individu dipengaruhi oleh pendidikan, pengalaman, pengetahuan dan budaya
setempat yang dimiliki. - Perasaan
Perasaaan merupakan hambatan yang terkait dengan kondisi emosi
penerima saat menerima pesan, yang mempengaruhi cara interpretasi pesan
tersebut. Misalnya, pesan yang diterima saat marah akan diartikan berbeda jika
diterima dalam keadaan biasa. - Bahasa
Setiap kata memiliki makna yang unik bagi setiap individu. Makna
sebuah kata tidak hanya ditentukan oleh definisi kamus, tetapi juga oleh
pengalaman, pengetahuan, dan budaya individu. Faktor-faktor seperti usia,
pendidikan, lingkungan kerja, dan latar belakang budaya dapat mempengaruhi
cara seseorang menggunakan dan menafsirkan bahasa.
No comments:
Post a Comment