Friday, April 19, 2024

Hubungan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian

 


Persepsi terhadap kualitas keseluruhan dari suatu produk dapat menentukan
nilai dari produk tersebut dan berpengaruh secara langsung kepada keputusan
pembelian konsumen (Durianto, et al., 2004). Persepsi kualitas yang baik akan
mendorong keputusan pembelian dan menciptakan loyalitas terhadap produk
tersebut. Semakin positif persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk, maka
akan semakin besar peluang konsumen memutuskan untuk membeli produk
tersebut. Sebaliknya, semakin negatif persepsi konsumen terhadap kualitas suatu
produk, semakin kecil peluang konsumen memutuskan untuk membeli produk
tersebut.
Adanya hubungan antara persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian
telah dibuktikan dalam penelitian yang telah dilakukan oleh Choy Johnn Yee, et
all, (2011) yang menemukan pengaruh persepsi kualitas berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan persepsi ini maka dua konsumen
memperoleh stimulus yang sama, bisa mengambil keputusan yang berbeda-beda.
Keputusan membeli juga bisa karena faktor belajar. Belajar yang berhasil adalah
yang menimbulkan perubahan perilaku karena adanya pengalaman yang diperoleh
dari belajar, belajar terjadi karena proses saling mendorong, dan proses untuk
memenuhi kebutuhan yang disebut motivasi konsumen.

No comments:

Post a Comment