Friday, April 19, 2024

Proses Keputusan Pembelian

 


Menurut Engel, Blackwell, & Miniard dalam Fadila dan Lestari
(2013:117), mengemukakan lima tahapan perilaku konsumen dalam pengambilan
keputusan pembelian, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengenalan Kebutuhan
    Proses pembelian dimulai saat pembeli mengenali masalah atau
    kebutuhan, yang dipicu oleh rangsangan internal atau eksternal.
    Rangsangan Internal misalnya: dorongan yang memenuhi rasa lapar,
    dan haus yang mencapai ambang batas tertentu. Sedangkan
    rangsangan eksternal misalnya: seseorang melewati toko yang
    menjual bermacam alat elektronik seperti laptop, dan melihat laptop
    yang unik, warna yang menarik sehingga terangsang untuk
    mendapatkannya.
  2. Pencarian Informasi
    Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang
    bahwa kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan membeli dan
    mengkonsumsi suatu produk. Konsumen yang terangsang
    kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih
    banyak. Sumber informasi konsumen yaitu: Keluarga, teman, iklan,
    media massa, pengalaman menggunakan produk.
  3. Evaluasi Alternatif
    Evaluasi alternatif adalah proses mengevaluasi pilihan produk dan
    merek, dan memilihnya sesuai dengan keinginan konsumen. Pada
    proses ini konsumen membandingkan berbagai merek pilihan yang
    dapat memberikan manfaat terhadap masalah yang dihadapinya.
  4. Keputusan Pembelian
    Setelah tahap-tahap diatas dilakukan, pembeli akan menentukan
    sikap dalam pengambilan keputusan apakah membeli atau tidak. Jika
    memilih untuk membeli produk, dalam hal ini konsumen dihadapkan
    pada beberapa alternatif pengambilan keputusan seperti produk,
    merek, penjual, kualitas, dan waktu pembeliannya.
  5. Hasil
    Setelah membeli suatu produk, konsumen akan mengalami beberapa
    tingkat kepuasan atau ketidakpuasan. Tahap ini dapat memberikan
    informasi yang penting bagi perusahaan apakah produk dan
    pelayanan yang telah dijual dapat memuaskan konsumen atau tidak.

No comments:

Post a Comment