Wednesday, April 17, 2024

Indikator-Indikator Keputusan Pembelian

 Dalam penelitian ini menggunakan tiga indikator untuk menentukan

keputusan pembelian yang diambil dari Kotler dan Armstrong (2018:70),
yaitu:
a. Kemantapan pada sebuah produk
Dalam melakukan pembelian, konsumen memilih salah satu dari
beberapa alternatif yang ada. Pilihan tersebut didasarkan pada
kualitas, mutu, harga yang terjangkau, dan faktor-faktor lain yang
dapat memantapkan keinginan konsumen untuk membeli produk
apakah produk tersebut benar- benar ingin digunakan atau
dibutuhkan.
b. Kebiasaan dalam membeli produk
Kebiasaan konsumen dalam membeli produk juga berpengaruh
terhadap keputusan pembelian. Konsumen merasa produk tersebut
sudah terlalu melekat di benak mereka karena mereka sudah
merasakan manfaat dari produk tersebut. Oleh karena itu, konsumen
merasa tidak nyaman jika mencoba produk baru dan harus
menyesuaikan diri lagi. Mereka cenderung memilih produk yang
sudah biasa digunakan.
c. Memberikan rekomendasi kepada orang lain
Dalam melakukan pembelian, jika konsumen mendapatkan manfaat
yang sesuai dengan sebuah produk, mereka pasti merekomendasikan
produk tersebut dengan orang lain. Mereka ingin orang lain juga
merasakan bahwa produk tersebut sangat bagus dan lebih baik dari
produk lain

No comments:

Post a Comment