Friday, April 19, 2024

Kepemimpinan Merek

 


Kepemimpinan Merek merupakan “persepsi konsumen tentang suatu merek
yang relative khas untuk terus mencapai keunggulan melalui kombinasi yang cukup
dari trendsetter dan posisi merek dengan segmen industri” (Chang & Ko, 2014).
Konsep kepemimpinan merek Akker (1996) diidentifikasi sebagai atribut suatu
merek yang penting dan sejauh mana konsumen dapat mengetahui suatu merek
sebagai merek yang dikenal sukses, visioner dan dikenal (Chang et al., 2016).
Kepemimpinan merek tidak dinilai dari berbagai indikator kinerja pasar
merek, seperti harga premium, elastisitas harga, pangsa pasar, dan keberhasilan
untuk mendapatkan keuntungan atau profitabilitas (Chiu & Cho, 2019). Terdapat
empat dimensi di dalam kepemimpinan merek yaitu kualitas, nilai, inovasi dan
popularitas. Keempat dimensi tersebut secara efektif mencerminkan aspek-aspek
dari proses pengambilan keputusan konsumen (Chang et al., 2016).

No comments:

Post a Comment