Kualitas yang dirasakan adalah dimensi lain dari nilai merek yang sangat
penting bagi pelanggan dalam memilih barang dan jasa yang akan dibeli (Aaker,
1991). Kualitas yang dirasakan berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses
dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan (Kurniawan, 2016). Kualitas
adalah salah satu faktor yang mempengaruhi konsumen sebelum memilih suatu
produk atau layanan (Siburian & Zainurossalamia, 2016). Kualitas juga merupakan
penilaian konsumen tentang keunggulan suatu produk secara keseluruhan (Chang
& Ko, 2014).
- Nilai
Nilai yang dirasakan merupakan suatu akibat atau keuntungan yang diterima
oleh pelanggan dan merupakan perbedaan antara manfaat-manfaat yang diterima
dengan biaya-biaya yang dikeluarkan (Syamsiah, 2009). Nilai yang dirasakan
adalah evaluasi pelanggan terhadap nilai produk dan tentang apa yang telah mereka
berikan dan apa yang mereka terima (Chang & Ko, 2014). Nilai adalah manfaat
yang akan diperoleh oleh pelanggan dari produk atau jasa tertentu yang dapat
berupa nilai produk, nilai pelayanan, dan nilai citra (Krisno & Samuel, 2013). - Inovasi
Inovasi menurut (Chang & Ko, 2014) adalah persepsi konsumen tentang
kemampuan relatif suatu merek untuk terbuka terhadap ide-ide inovatif dan
mengerjakan sesuatu atau solusi yang baru. Inovasi dapat diartikan sebagai
implementasi praktis sebuah gagasan ke dalam produk atau proses baru (Tjiptono,
2008). Produk baru atau inovasi adalah barang, jasa maupun ide yang dipersepsikan
sebagai sesuatu yang baru dan berbeda dari produk atau jasa yang telah ada
sebelumnya (Rasyid & Indah, 2018). - Popularitas
Popularitas mengacu pada persepsi konsumen tentang popularitas relatif
merek yang tercermin dari kesadaran dan konsumsi merek (Chang & Ko, 2014).
Popularitas adalah suatu peristiwa yang mana seseorang, produk, atau konsep
disukai dan mendapatkan banyak perhatian dari pelanggan (Gangel et al., 2017).
Popularitas atau kepopuleran sesuatu di kalangan pengguna teknologi, sering
terlihat dan sudah dikenal banyak kalangan. Popularitas juga dapat diartikan dengan
seberapa banyak orang yang mengetahui suatu produk atau merek tertentu (Nathani
& Budiono, 2021)
No comments:
Post a Comment