Thursday, April 18, 2024

Komunikasi Horizontal

 


Komunikasi horizontal adalah pertukaran pesan di antara orang-orang
yang sama tingkatan otoritasnya di dalam organisasi. pesan yang mengalir
menurut fungsi dalam organisasi diarahkan secara horizontal. Pesan ini biasanya
berhubungan dengan tugas-tugas atau tujuan kemanusiaan, seperti koordinasi,
pemecahan masalah, penyelesaian konflik dan saling memberikan informasi.
Komunikasi horizontal mempunyai tujuan tertentu di antaranya adalah
sebagai berikut :

  1. Mengkoordinasikan tugas-tugas. Kepala-kepala bagian dalam suatu
    organisasi kadang-kadang perlu mengadakan rapat atau pertemuan, untuk
    mendiskusikan bagaimana tiap-tiap bagian memberikan kontribusi dalam
    mencapai tujuan organisasi.
  2. Saling membagi informasi untuk perencanaan dan aktivitas-aktivitas. Ide
    dari banyak orang biasanya akan lebih baik dari pada ide satu orang. Oleh
    karena itu komunikasi horizontal sangatlah diperlukan untuk mencari ide
    yang lebih baik.
  3. Memecahkan masalah yang timbul di antara orang-orang yang berada dalam
    tingkat yang sama.
  4. Menyelesaikan konflik di antara anggota yang ada dalam bagian organisasi
    dan juga antara bagian dengan bagian lainnya.
  5. Menjamin pemahaman yang sama. bila perubaan dalam suatu organisasi
    diusulkan, maka perlu ada pemahaman yang sama antara unit-unit organisasi
    atau anggota unit organisasi tentang perubahan itu.
  6. Mengembangkan sokongan interpersonal. Karena sebagian besar dari waktu
    kerja karyawan berinteraksi dengan temannya maka mereka memperoleh
    sokongan hubungan interpersonal dari temannya. Hal ini akan memperkuat
    hubungan di antara sesama karyawan dan akan membantu kekompakan
    dalam kerja kelompok (Muhammad, 2009:121-122).

No comments:

Post a Comment