Thursday, April 18, 2024

Komunikasi Internal

 


Pencapaian tujuan organisasi yang telah direncanakan untuk
kepentingan bersama selalu memerlukan adanya komunikasi yang lancar.
Karena itu komunikasi merupakan sarana yang sangat penting dan paling
vital bagi setiap pegawai dalam mencari data, informasi, serta keteranganketerangan dari unit kerja yang lain. Disamping itu komunikasi juga
memegang peranan dalam menyampaikan laporan-laporan kegiatan,
mengajak bekerja sama, mendiskusikan segala hal yang berhubungan
dengan tugas pekerjaan. Dengan menjalin komunikasi yang baik sesama
pegawai juga akan menimbulkan saling pengertian dan pemahaman akan
tugas masing-masing.
Menurut Hovland dalam Effendy (2012:78) menyatakan bahwa
komunikasi adalah proses mengubah perilaku orang lain. Akan tetapi
seseorang akan mengubah sikap, pendapat atau perilaku orang lain apabila
komunikasinya itu memang efektif. Komunikasi adalah sarana vital untuk
mengerti diri sendiri, untuk mengerti orang lain, untuk memahami apa yang
dibutuhkannya dan apa yang dibutuhkan orang lain, apa pemahaman kita
dan apa pemahaman sesame.
Lawrence D. Brennan dalam Effendy (2012:79) menyatakan
komunikasi internal sebagai :
“Pertukaran gagasan diantara para adminitrator dan karyawan dalam
suatu perusahan atau jawatan yang menyebabkan terwujudnya
perusahaan/jawatan tersebut lengkap dengan terstruktur yang khas
(organisasi) dan pertukaran gagasan horizontal dan vertikal didalam
perusahaan atau jawatan yang menyebabkan pekerjaan berlangsung
(organisasi dan manajemen).”

No comments:

Post a Comment