Wednesday, April 17, 2024

Pengertian Citra Merek

 


Citra merek adalah cara masyarakat menganggap mereka secara
aktual, agar citra yang benar dapat tertanam dalam pikiran pelanggan
pemasar harus melihat memperlihatkan identitas merek melalui semua
saran komunikasi dan kontak merek yang tersedia. (Kotler dan Keller,
2019:272). Citra merek sebagai lambang, atau desain, atau
kombinasinya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau
jasa dari salah satu penjual atau kelompok penjualan mengidentifikasi
merek para pesaing. Maka merek perbedaan atau jasa yang dimensi nya
tersebut dengan beberapa cara dari produk atau jasa lainnya. Dirancang
untuk memuaskan kebutuhan yang sama. Perbedaan ini bisa fungsional,
rasional, atau nyata hubungan dengan kinerja produk dari merek.
Perbedaan ini juga simbolis, emosional atau tidak nyata hubungan
dengan apa yang direpresentasikan merek. Sarana penetapan merek
sudah ada selama berabad-abad untuk membedakan barang dari suatu
produsen lainnya (Kotler dan Keller, 2019:258). Menurut Tjiptono
(2019:282) manfaat spesifik ekstensi merek (brand extension) bagi
merek induk dan perusahaan pemiliknya, yaitu :

  1. Makna merek (brand meaning) bagi konsumen dan mempertegas
    tipe pasar yang dimasuki.
  2. Meningkatkan merek (brand improve) dengan cara memperkuat
    asosiasi merek yang sudah ada, meningkatkan kesukaan
    (favorability) asosiasi merek saat ini, menambah asosiasi merek
    yang baru, atau kombinasi di antaranya.
  3. Menarik pelanggan baru dan meningkatkan cakupan pasara (market
    coverage)
  4. Memfasilitasi ekstensi merek (brand extension) berikutnya
    Merekomendasikan dua strategi pokok untuk memperkuat citra
    merek : mempertahankan kesadaran merek (brand awareness) dan
    meningkatkan citra merek (brand image). Kedua strategi tersebut
    menekankan program pemasaran yang cara konsisten menyampaikan
    makna merek kepada konsumen. Kesadaran merek (brand awareness)
    berfokus pada tiga aspek utama. (Kotler dan Keller, 2019:207).

No comments:

Post a Comment