Wednesday, April 17, 2024

Pengertian Strategi

 


Menurut porter dalam rangkuti (2017:3) Strategi merupakan alat
untuk mencapai tujuan. Strategi juga hal yang sangat penting untuk
mencapai keunggulan bersaing. Sedangkan menurut Hamel dan Pralahad
dalam Rangkuti (2017:4) Strategi merupakan tindakan yang bersifat
incremental (senantiasa meningkat) dan terus–menerus dan dilakukan
berdasarkansudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan
di masa depan. Dengan demikian, perencanaan strategi hampir selalu dimulai
dari “apa yang terjadi”. Terjadinya kecepatan inovasi pasar baru dan perubahan
pola konsumen yang memerlukan kompetensi baru dan unggul
(corecompetencies).Perusahaan perlu mencari kompetensi inti di dalam bisnis
yang dilakukan. Richard L. Daft dalam Nisak (2013:482) mendefinisikan
strategi (strategy) secara eksplisit, yaitu rencana tindakan yang menerangkan
tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi
lingkungan, memperoleh keunggulan bersaing, dan mencapai tujuan
perusahaan. Keunggulan bersaing (competitive advantege) adalah hal
yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lain dan
memberikan cirikhas bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar
konsumen. Inti perumusan strategi ini adalah menentukan bagaimana
perusahaan akan berbeda dengan perusahaan lain. Strategi tentu saja berubah
seiring waktu sesuai dengan kondisi lingkungan.
Agar tetap kompetitif Richard L.Daft membuat strategi yang berfokus
kepada :

  1. Pemanfaatan kompetensi dasar.
  2. Mengembangkan sinergi.
  3. Menciptakan nilai bagi pelanggan.

No comments:

Post a Comment