Assauri (2013:5) mengungkapkan bahwa strategi memiliki 5 (lima)
unsur, yang mana masing-masing dari unsur ini dapat menjawab pertanyaan
masing-masing berikut :
- Gelanggang aktivitas atau arena, merupakan area (produk, jasa, pasar
geografis, saluran distribusi, dan sebagainya). Unsur arena memiliki
cakupan yang lebih spesifik, seperti jenis produk, segmen pasar,
pengembangan teknologi utama, dan area geografis, yang merupakan tahap
penambahan nilai dariskema rantainilai yang meliputi perancangan produk,
jasa pelayanan, manufaktur,distribusi, dan penjualan. - Sarana kendaraan atau vehicles yang gunanya untuk mencapai arena target
atau sasaran. Penggunaan sarana kendaraan memiliki risiko kegagalan yang
besar, maka dari itu perlu adanya pertimbangan dalam penggunaannya.
Risiko tersebut biasanya berupa keterlambatan masuk pasar atau biaya
melebihi perkiraan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. - Pembeda yang dibuat atau differentiators, merupakan unsur yang bersifat
spesifik dari target yang ditetapkan. Dalam dunia persaingan, keberhasilan
merupakan hasil dari pembedaan. Pembeda ini di dapat dari atribut dari
suatu produk atau jasa yang berupa mutu atau kualitas, citra, unggul secara
teknis, kustomisasi, harga, dan reabilitas. - Tahapan rencana yang dilalui atau staging, merupakan unsur untuk
menetapkan waktu dan langkah yang akan diambil dari strategi yangtelah
ditentukan. Unsur staging di dorong oleh beberapa faktor, sepertitingkat
kepentingan atau urgensi, sumber daya, kredibilitas pencapaian, dan faktor
mengejar kemenangan awal.
No comments:
Post a Comment