Wednesday, April 17, 2024

Unsur-Unsur Strategi

 


Assauri (2013:5) mengungkapkan bahwa strategi memiliki 5 (lima)
unsur, yang mana masing-masing dari unsur ini dapat menjawab pertanyaan
masing-masing berikut :

  1. Gelanggang aktivitas atau arena, merupakan area (produk, jasa, pasar
    geografis, saluran distribusi, dan sebagainya). Unsur arena memiliki
    cakupan yang lebih spesifik, seperti jenis produk, segmen pasar,
    pengembangan teknologi utama, dan area geografis, yang merupakan tahap
    penambahan nilai dariskema rantainilai yang meliputi perancangan produk,
    jasa pelayanan, manufaktur,distribusi, dan penjualan.
  2. Sarana kendaraan atau vehicles yang gunanya untuk mencapai arena target
    atau sasaran. Penggunaan sarana kendaraan memiliki risiko kegagalan yang
    besar, maka dari itu perlu adanya pertimbangan dalam penggunaannya.
    Risiko tersebut biasanya berupa keterlambatan masuk pasar atau biaya
    melebihi perkiraan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  3. Pembeda yang dibuat atau differentiators, merupakan unsur yang bersifat
    spesifik dari target yang ditetapkan. Dalam dunia persaingan, keberhasilan
    merupakan hasil dari pembedaan. Pembeda ini di dapat dari atribut dari
    suatu produk atau jasa yang berupa mutu atau kualitas, citra, unggul secara
    teknis, kustomisasi, harga, dan reabilitas.
  4. Tahapan rencana yang dilalui atau staging, merupakan unsur untuk
    menetapkan waktu dan langkah yang akan diambil dari strategi yangtelah
    ditentukan. Unsur staging di dorong oleh beberapa faktor, sepertitingkat
    kepentingan atau urgensi, sumber daya, kredibilitas pencapaian, dan faktor
    mengejar kemenangan awal.

No comments:

Post a Comment