Pimpinan yang baik pada umumnya memiliki kemampuan untuk
melakukan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit banyaknya akan mampu
merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya. Peranan komunikasi
pimpinan harus mampu memperkuat organisasinya tersebut untuk mencapai
tujuan bersama. Adapun peranan komunikasi pimpinan adalah sebagai berikut :
- Seorang pimpinan dalam berkomunikasi mampu melibatkan anggota
organisasinya dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini pimpinan
membagikan informasi sepenuhnya kepada bawahannya dan menciptakan
suatu suasana yang merangsang para anggota untuk berpartisipasi aktif
dalam pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakan hasil
keputusan. - Pimpinan bertindak sebagai seorang penyalur yang komunikatif untuk
menyertakan anggota dalam kegiatan organisasi. - Pemimpin bertanggung jawab untuk memudahkan koordinasi organisasi
internal dan mendapatkan kerjasama yang baik. - Pimpinan harus memiliki kepiawaian di dalam melakukan komunikasi, baik
komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi
yang disampaikan berupa kata-kata, sedangkan komunikasi non verbal
adalah komunikasi yang disampaikan dengan menggunakan tulisan dan
bahasa tubuh. - Dalam berkomunikasi pimpinan harus selalu memberikan dukungan dan
motivasi kepada karyawannya agar tercapai tujuan bersama (Moedjono,
2002: 170-171).
No comments:
Post a Comment