Thursday, April 18, 2024

Peranan Komunikasi Pimpinan

 


Pimpinan yang baik pada umumnya memiliki kemampuan untuk
melakukan komunikasi yang efektif, sehingga sedikit banyaknya akan mampu
merangsang partisipasi orang-orang yang dipimpinnya. Peranan komunikasi
pimpinan harus mampu memperkuat organisasinya tersebut untuk mencapai
tujuan bersama. Adapun peranan komunikasi pimpinan adalah sebagai berikut :

  1. Seorang pimpinan dalam berkomunikasi mampu melibatkan anggota
    organisasinya dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini pimpinan
    membagikan informasi sepenuhnya kepada bawahannya dan menciptakan
    suatu suasana yang merangsang para anggota untuk berpartisipasi aktif
    dalam pengambilan keputusan maupun dalam melaksanakan hasil
    keputusan.
  2. Pimpinan bertindak sebagai seorang penyalur yang komunikatif untuk
    menyertakan anggota dalam kegiatan organisasi.
  3. Pemimpin bertanggung jawab untuk memudahkan koordinasi organisasi
    internal dan mendapatkan kerjasama yang baik.
  4. Pimpinan harus memiliki kepiawaian di dalam melakukan komunikasi, baik
    komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi
    yang disampaikan berupa kata-kata, sedangkan komunikasi non verbal
    adalah komunikasi yang disampaikan dengan menggunakan tulisan dan
    bahasa tubuh.
  5. Dalam berkomunikasi pimpinan harus selalu memberikan dukungan dan
    motivasi kepada karyawannya agar tercapai tujuan bersama (Moedjono,
    2002: 170-171).

No comments:

Post a Comment