Friday, April 19, 2024

Persepsi Kualitas (Perceived Quality)

 


Persepsi kualitas dapat diartikan sebagai penilaian konsumen terhadap
keunggulan produk, hasil dari seleksi sampai interpretasi dari produk alternatif
lainnya, persepsi kualitas yang tinggi menandakan bahwa konsumen telah
menemukan perbedaan dan kelebihan produk tersebut, dengan produk sejenis
setelah melalui proses dalam jangka waktu yang lama. Persepsi kualitas berasal
dari analisa konsumen terhadap kualitas produk (Sanyal & Datta, 2011:605),
persepsi kualitas terbentuk pada konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa hal
diantaranya pengalaman masa lalu, pendidikan, pembelian dan komunitas
konsumen (Yaseen et al, 2011:834).
Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan
produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi
harapan Goetsh dan Davis dalam Nasution (2004:41). Selain itu menurut
Feigenbaum dalam Nasution (2004:41), “kualitas adalah kepuasan pelanggan
sepenuhnya (full customer satisfaction). Suatu produk berkualitas apabila dapat
memberi kepuasan sepenuhnya kepada konsumen, yaitu sesuai dengan apa yang
diharapkan konsumen atas suatu produk”

No comments:

Post a Comment