Sunday, June 23, 2024

Indikator Celebrity Endorser

 


(Kotler & Keller, 2016) mengatakan bahwa lima indikator
khusus Celebrity Endorser untuk memfasilitasi efektivitas komunikasi
dijelaskan dengan akronim TEARS. TEARS tersebut terdiri dari
Trustworthiness (dapat dipercaya) dan Expertise (keahlian) yang
merupakan dua dimensi dari credibility, physical attractiveness,
respect (kualitas dihargai) dan similarity (kesamaan dengan audience
yang dituju) merupakan komponen dari konsep umum attractiveness
(daya tarik fisik). Menurut Kotler (2009) TEARS dijelaskan sebagai
berikut:

  1. Trustworthiness (Kepercayaan)
    Truthworthiness mengacu pada kejujuran, integritas, dan kepercayaan
    diri dari seorang sumber pesan. Artinya kemampuan Celebrity
    Endorser dalam menyampaikan pesan dari suatu produk bergantung
    pada kepercayaan diri, integritas, dan persepsi penerima pesan atas
    motivasi atau dorongan dari dalam diri Celebrity Endorser tersebut
    untuk tampil secara obyektif.
  2. Expertise (Keahlian)
    Expertise mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang
    dimiliki endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung.
    Seorang endorser dapat lebih diterima jika menguasai atau ahli
    mengenai produk yang akan didukungnya. Sehingga endorser tersebut
    akan lebih persuasif menyampaikan pesan.
  3. Attractiveness (Daya Tarik Fisik)
    Attractiveness mengacu pada diri yang dianggap sebagai hal yang
    menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep kelompok
    tertentu dengan daya tarik fisik. Daya tarik fisik merupakan hal
    pertama yang ditangkap oleh audience ketika endorser melakukan
    tugasnya. Kemudian audience akan mengidentifikasi untuk
    menentukan perilaku atau keputusan pemilihan produk.
  4. Respect (Kualitas Dihargai)
    Respect adalah kualitas yang dihargai atau digemari sebagai akibat
    dari kualitas pencapaian personal. Endorser dipilih karena mampu
    mewakili dari suatu produk yang didukungnya. Sehingga akan
    cenderung mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu produk.
    Rasa Respect konsumen terhadap endorser inilah yang menjadi acuan
    konsumen untuk mengambil sikap terhadap suatu produk yang
    diiklankan Celebrity Endorser.
  5. Similarity (Kesamaan dengan Audience yang Dituju)
    Similarity mengacu pada kesamaan antar endorser dan audience dalam
    hal umur, jenis kelamin, etnis, status sosial, dan sebagainya

No comments:

Post a Comment