(Kotler & Keller, 2016) mengatakan bahwa lima indikator
khusus Celebrity Endorser untuk memfasilitasi efektivitas komunikasi
dijelaskan dengan akronim TEARS. TEARS tersebut terdiri dari
Trustworthiness (dapat dipercaya) dan Expertise (keahlian) yang
merupakan dua dimensi dari credibility, physical attractiveness,
respect (kualitas dihargai) dan similarity (kesamaan dengan audience
yang dituju) merupakan komponen dari konsep umum attractiveness
(daya tarik fisik). Menurut Kotler (2009) TEARS dijelaskan sebagai
berikut:
- Trustworthiness (Kepercayaan)
Truthworthiness mengacu pada kejujuran, integritas, dan kepercayaan
diri dari seorang sumber pesan. Artinya kemampuan Celebrity
Endorser dalam menyampaikan pesan dari suatu produk bergantung
pada kepercayaan diri, integritas, dan persepsi penerima pesan atas
motivasi atau dorongan dari dalam diri Celebrity Endorser tersebut
untuk tampil secara obyektif. - Expertise (Keahlian)
Expertise mengacu pada pengetahuan, pengalaman atau keahlian yang
dimiliki endorser yang dihubungkan dengan merek yang didukung.
Seorang endorser dapat lebih diterima jika menguasai atau ahli
mengenai produk yang akan didukungnya. Sehingga endorser tersebut
akan lebih persuasif menyampaikan pesan. - Attractiveness (Daya Tarik Fisik)
Attractiveness mengacu pada diri yang dianggap sebagai hal yang
menarik untuk dilihat dalam kaitannya dengan konsep kelompok
tertentu dengan daya tarik fisik. Daya tarik fisik merupakan hal
pertama yang ditangkap oleh audience ketika endorser melakukan
tugasnya. Kemudian audience akan mengidentifikasi untuk
menentukan perilaku atau keputusan pemilihan produk. - Respect (Kualitas Dihargai)
Respect adalah kualitas yang dihargai atau digemari sebagai akibat
dari kualitas pencapaian personal. Endorser dipilih karena mampu
mewakili dari suatu produk yang didukungnya. Sehingga akan
cenderung mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu produk.
Rasa Respect konsumen terhadap endorser inilah yang menjadi acuan
konsumen untuk mengambil sikap terhadap suatu produk yang
diiklankan Celebrity Endorser. - Similarity (Kesamaan dengan Audience yang Dituju)
Similarity mengacu pada kesamaan antar endorser dan audience dalam
hal umur, jenis kelamin, etnis, status sosial, dan sebagainya
No comments:
Post a Comment