Sunday, June 23, 2024

Pengertian Citra Merek

 


Citra Merek adalah persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh
konsumen, seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam
memori konsumen. Suatu Citra Merek yang kuat dapat memberikan
keunggulan utama bagi bank salah satunya dapat menciptakan
keunggulan bersaing (Kotler & Keller, 2012).
Menurut (Bramantya, 2016) Citra Merek adalah persepsi
mengenai merek yang terbentuk dalam ingatan konsumen seperti
kumpulan kesan dan ingatan-ingatan yang dirangkai dalam benak
konsumen atas suatu merek.
Menurut (Takaya, 2019) Citra Merek merupakan gambaran dari
kumpulan persepsi atau pendapat akan sebuah merek yang terbentuk
dari informasi dan pengalaman merek tersebut di masa lampau. Citra
Merek berkaitan dengan sikap yang berbentuk kepercayaan dan
kesukaan akan suatu merek. Konsumen yang memandang positif citra
suatu merek cenderung melakukan pembelian, Citra Merek
merupakan gambaran asosiasi dan kepercayaan konsumen terhadap
suatu merek tertentu.
Citra Merek juga merupakan kumpulan persepsi yang terbentuk
lama dalam pikiran konsumen. Merek yang baik menentukan
keunggulan Citra Merek dalam pikiran dan ingatan konsumen. Citra
Merek juga merupakan sebuah nilai dan karakteristik dari produk
(Sukma et al., 2016).

No comments:

Post a Comment