Brand perlu memperhatikan elemen-elemen tertentu dalam membangun
brand, agar brand yang dibuat mencerminkan produk sehingga brand dapat
tertanam dalam pikiran khalayak dan membedakan produk dari brand tersebut
dengan brand lainnya. Menurut Keller dan Swaminathan (2019 : 113-116) secara
umum, terdapat enam karakter utama dalam memilih brand identity:
- Memorability (Daya Ingat)
Dalam tujuan mempromosikan brand harus dilakukan secara
berhubungan erat dengan konsumen agar mudah diingat dan menarik
perhatian sehingga tertanam dalam ingatan dan dapat membantu
terjadinya keputusan pembelian. - Meaningfulness (Kebermakanaan)
Sebuah brand dapat dijabarkan dengan jelas arti dari elemen brand
tersebut secara dekriptif dan juga secara persuasif tentang hubungannya
terhadap sebuah produk. Dua hal yang sangat penting adalah seberapa
baik elemen brand menyampaikan yaitu informasi umum tentang fungsi
produk atau informasi spesifik tentang atribut dan manfaat tertentu dari
brand. - Likable (Disukai)
Sebuah brand yang mudah diingat, bermakna, dan disukai menawarkan
banyak keuntungan karena konsumen seringkali tidak memeriksa
banyak informasi dalam membuat keputusan produk. Elemen deskriptif
dan persuasif dapat mengurangi beban komunikasi pemasaran dalam
membangun kesadaran dan menghubungkan asosiasi brand dan ekuitas,
terutama ketika ada beberapa asosiasi terkait produk lainnya. - Transferable (Keteralihan)
Ada beberapa aspek dalam kriteria ini yaitu, mencari tahu tingkat guna
elemen brand agar dapat menambahkan menu baru, varian baru ataupun
seri produk tertentu. Selain itu, mengukur sejauh mana elemen brand
menambah brand equity sehingga dapat dipasarkan di negara manapun
dan memperluas segmen pasar. - Adaptability (Kemampuan Beradaptasi)
Kriteria kelima untuk elemen brand adalah dapat beradaptasi dengan
mengikuti perkembangan zaman yang terjadi, atau dapat dengan mudah
dilakukan pembaruan atau update. Hal tersebut karena perubahan nilai
dan opini konsumen, atau hanya karena kebutuhan untuk tetap
kontemporer, sebagian besar elemen brand harus diperbarui. Semakin
mudah beradaptasi dan fleksibel elemen brand, semakin mudah untuk
memperbaruinya. - Protectability (Perlindungan)
Karakteristik umum keenam dan terakhir adalah sejauh mana elemen
brand dapat dilindungi—baik dalam pengertian hukum maupun
persaingan. Pemasar harus memilih elemen brand yang dapat dilindungi
hukum secara internasional, mendaftarkannya secara resmi ke badan
hukum yang sesuai, dan dapat membela brand dari pelanggaran
persaingan yang tidak sah
No comments:
Post a Comment