Wednesday, April 17, 2024

Definisi Komunikasi Organisasi

 


Komunikasi merupakan pertukaran informasi antara dua orang atau
lebih, atau disebut juga pertukaran ide dan pikiran yang disampaikan oleh
penyampai pesan kepada penerima pesan agar informasi tersebut dapat
mengubah sikap dan perilaku (Andriyani, Darmawan, & Hidayati, 2018).
Organisasi merupakan sekelompok orang yang bekerja sama dan saling
bergantung untuk mencapai tujuan bersama (Duha, 2018). Organisasi tidak
lepas dari komunikasi, karena komunikasi sebagai jembatan interaksi antar
anggota organisasi. Komunikasi yang baik merupakan faktor penting untuk
mencapai tujuan organisasi. Komunikasi dalam organisasi merupakan
suatu proses penyampaian informasi, ide-ide antar anggota organisasi
untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Komunikasi organisasi merupakan proses saling menukar pesan dalam
satu jaringan yang saling berketergantung satu sama lain untuk mengatasi
lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah-ubah (Subkhi &
Jauhar, 2013). Komunikasi organisasi sebagai pertunjukan dan penafsiran
pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu
organisasi (Pace & Faules, 2010). Komunikasi organisasi yaitu pengirim
dan penerima pesan di dalam suatu organisasi, di dalam kelompok formal
maupun informal organisasi (Subkhi & Jauhar, 2013). Organisasi
keperawatan membutuhkan komunikasi organisasi yaitu proses
penyampaian dan pemahaman informasi. Komunikasi dalam organisasi
keperawatan sangat penting untuk memperkuat hubungan satu sama lain
dan memperlancar pelayanan keperawatan. Komunikasi dalam organisasi
adalah proses terjadinya pertukaran pandangan dan gagasan di dalam
organisasi (Marquis & Huston, 2010). Informasi dalam pelayanan
keperawatan di peroleh melalui komunikasi organisasi keperawatan.

No comments:

Post a Comment