Wednesday, April 17, 2024

Pengertian Strategi Komunikasi

 


Strategi pada hakikatnya merupakan suatu perencanaan (planning) dan
manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan, tetapi untuk mencapai
tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya
menunjukkan arah saja, melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik
operasionalnya.
Demikian juga dengan strategi komunikasi yang merupakan paduan
perencanaan komunikasi (communication planning) dengan manajemen
komunikasi (communication management) untuk mencapai tujuan yang telah
ditetap- kan. Strategi komunikasi ini harus mampu menunjukkan bagaimana
operasionalnya secara praktis harus dilakukan, dalam arti kata bahwa pendekatan
(approach) bisa berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi.
Dalam fungsinya, menurut R. Wayne Pace, Brent D. Peterson, dan M. Dallas
Burnett dalam bukunya, Techiques for Effective Communication, mengatakan
bahwa ada tiga tujuan sentral dalam strategi :

  1. to secure understanding,
  2. to establish acceptance,
  3. to motivate action.

No comments:

Post a Comment