Redding dan Dennis (1972) mendefinisikan iklim komunikasi organisasi
sebagai tingkat pengaruh dan keterlibatan anggota organisasi serta kualitas
hubungan dan komunikasi yang dilihat oleh karyawan. Redding membedakan lima
elemen kunci iklim komunikasi berikut ini:
- Dimensi Supportiveness (dukungan) menyoroti persepsi karyawan tentang
hubungan antara atasan dan bawahan, terkait dengan adanya dukungan yang
diberikan oleh atasan kepada bawahan. - Dimensi Participative Decision Making (partisipasi pembuatan keputusan)
mencakup persepsi karyawan tentang kebebasan berkomunikasi, didengarkan,
dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan, terutama dalam hal membuat
keputusan. - Dimensi Trust, confidence, credibility (kepercayaan, percaya diri, dan
kredibilitas) melibatkan persepsi karyawan terhadap sumber pesan dan
peristiwa komunikasi yang dapat dipercaya, serta kredibilitas atasan dalam hal
komunikasi. - Dimensi Openness (keterbukaan) menekankan persepsi karyawan tentang
keterbukaan dan transparansi dalam komunikasi dan informasi di dalam
perusahaan. - Dimensi High performance goals (kinerja tinggi) mencakup pemahaman
karyawan akan tujuan-tujuan dalam organisasi dan motivasi yang diberikan oleh
pimpinan kepada anggota organisasi.
Sementara itu, Wayne Pace dan Brent Peterson mengidentifikasikan enam
faktor yang mempengaruhi iklim komunikasi dalam organisasi (Pace dan Don,
2000:149). Faktor tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: - Kepercayaan: Setiap anggota organisasi, di semua tingkatan, berusaha untuk
mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang didasarkan pada
kepercayaan satu sama lain. - Pembuatan keputusan bersama: Proses pengambilan keputusan melibatkan ide
dan pendapat semua karyawan, baik atasan maupun bawahan. - Kejujuran: Suasana kejujuran dan transparansi meliputi hubungan-hubungan
dalam organisasi, dan para karyawan merasa nyaman untuk menyatakan pikiran
dan pendapat mereka. - Keterbukaan komunikasi ke bawah: Ini memudahkan karyawan untuk
mendapatkan informasi yang terkait dengan pekerjaan dan perusahaan. - Mendengarkan: Ini melibatkan proses komunikasi di mana karyawan
mengkomunikasikan saran, laporan, atau kritik kepada atasan mereka untuk
didengarkan. - Kinerja tinggi: Setiap anggota organisasi memiliki kemampuan untuk berkinerja
tinggi dalam membangun dan mengembangkan organisasi tempat karyawan
bekerja.
No comments:
Post a Comment