Selain budaya organisasi yang sehat, untuk meningkatkan produktivitas kerja
pada pegawai juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi
pertumbuhan dan kelangsungan organisasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
produktivitas kerja menurut Simanjuntak (2017):
- Pelatihan
Membekali dasar pengetahuan pada pegawai dengan keterampilan dan cara-cara
yang tepat untuk menggunakan alat kerja. Agar pegawai belajar untuk mengerjakan
sesuatu dengan benar-bener dan sesuai, serta dapat meminimalisir kesalahankesalahan. - Mental dan kemampuan fisik
Keadaan mentan dan fisik pegawai adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan
oleh organisasi, sebab mental dan fisik berhubungan erat dengan produktivitas kerja
pegawai. - Hubungan antara atasan dengan bawahan
Ini berkaitan dengan bagaimana pandangan atasan terhadap bawahan, seperti sejauh
mana bawahan diikutsertakan dalam penentuan tujuan, pengambilan keputusan, dan
bagaimana hubungan atasan dengan bawahan dapat terjalin dengan baik. jika
pegawai diperlakukan dengan baik, maka pegawai akan berpartisipasi dengan baik
dalam proses produksi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Menurut Ravianto (2017), faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja,
yaitu: - Pendidikan
- Keterampilan
- Disiplin
- Sikap
- Etika kerja
- Motivasi
- Gaji
- Kesehatan
- Teknologi
- Manajemen
- Kesempatan berprestasi
- Lingkungan kerja
No comments:
Post a Comment