Friday, April 19, 2024

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen

 


Adapun menurut Solomon (2011:6), faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu:

  1. Faktor Internal
    Faktor internal merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam
    mengkaji prilaku konsumen. Faktor internal konsumen seperti:
    persepsi, motivasi, pembelajaran, sikap, kepribadian, gaya hidup
    akan berpengaruh terhadap preferensi produk dan merek dalam
    pengambilan keputusan konsumen.
  2. Faktor Sosial
    Faktor sosial merupakan faktor yang berpengaruh dalam
    pengambilan keputusan pembelian seperti: budaya, sub-budaya,
    kelas sosial, dan keanggotaan kelompok juga perlu diperhatikan oleh
    pemasar karena dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan.
  3. Faktor Situasional seperti: lingkungan fisik, dan waktu meskipun
    sifatnya sulit dikendalikan oleh pemasar namun, jika pemasar dapat
    memahami secara tepat faktor tersebut akan bermanfaat dalam
    mempengaruhi konsumen

No comments:

Post a Comment