Adapun menurut Solomon (2011:6), faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen ke dalam tiga kelompok, yaitu:
- Faktor Internal
Faktor internal merupakan faktor yang perlu diperhatikan dalam
mengkaji prilaku konsumen. Faktor internal konsumen seperti:
persepsi, motivasi, pembelajaran, sikap, kepribadian, gaya hidup
akan berpengaruh terhadap preferensi produk dan merek dalam
pengambilan keputusan konsumen. - Faktor Sosial
Faktor sosial merupakan faktor yang berpengaruh dalam
pengambilan keputusan pembelian seperti: budaya, sub-budaya,
kelas sosial, dan keanggotaan kelompok juga perlu diperhatikan oleh
pemasar karena dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan. - Faktor Situasional seperti: lingkungan fisik, dan waktu meskipun
sifatnya sulit dikendalikan oleh pemasar namun, jika pemasar dapat
memahami secara tepat faktor tersebut akan bermanfaat dalam
mempengaruhi konsumen
No comments:
Post a Comment