Didalam suatu organisasi, baik yang berorientasi komersil maupun sosial,
aktivitas komunikasi melibatkan empat fungsi. Menurut Sasa Djuarsa Sendjaja
dalam buku teori komunikasi yaitu:
1) Fungsi Informatif,
Dalam fungsi informatif organisasi dipandang sebagai suatu system
pengelolaan informasi berupaya memperoleh informasi sebanyak-banyaknya
dengan kualitas sebaik-baiknya dan tepat waktu. Informasi yang diperoleh oleh
setiap orang dalam organisasi diharapkan akan memperlancar pelaksanaan tugas
masing-masing.
2) Fungsi Regulatif
Fungsi Regulatif berhubungan dengan peraturan-peratuaran yang berlaku
dalam suatu organisai, ada dua hal yang berperan dalam fungsi ini, yaitu :
- Atasan atau orang-orang yang berada pada pucuk pimpinan
(tatanan manajemen ) adalah mereka yang memiliki kewenangan
untuk mengendalikan informasi. - Berhubungan dengan pesan regulative pada dasarnya berorientasi
pada kerja, artinya bawahan membutuhkan kepastian tata cara dan
batasan mengenai pekerjaannya.
3) Fungsi Persuasif
Mengatur suatu organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu
membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Adanya kenyataan ini, maka
banyak pimpinan yang lebih suka mempersuasi bawahanya daripada memberi
perintah.
4) Fungsi Integratif
Untuk menjalankan fungsi intergarsi, setiap organisai berusaha untuk
menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan dapat melaksanakan tugas
dan pekerjaan dengan baik. ( Senjaya, 2007:4.8-4.10 )
No comments:
Post a Comment