Tujuan dari komunikasi organisasi adalah tidak lain untuk membangung
iklim komunikasi yang kondusif. Iklim yang kondusif tercipta bila proses
komunikasi dalam suatu organisasi tidak mengalami hambatan atau sumbatan.
Lalu, komunikasi organisasi juga bertujuan untuk mengetahui dan memahami
proses, prinsip dan arus kominukasi yang ada didalam organisasi untuk
mewujudkan tujuan organisasi. Seperti yang dikemukakan oleh para ahli berikut
ini.
- Memahami peristiwa didalam organisasi;
- Mengetahui prinsip dan keahlian komunikasi yang berlangsung dalam
organisasi baik arus komunkasi vertical yang terdiri dari downward
communication dan upward communication serta komunukasi horizontal (
Sinurat, 2010; )
Menurut R. Wayne. Pace dan Don F. Faules dalam bukunya “ Komunikasi
Organisasi” tujuan utama komunikasi organisai yaitu memperbaiki organisai
ditafsirkan sebagai memperbaiki hal-hal untuk mencapai tujuan manajemen, serta
memperoleh hasul yang diinginkan
No comments:
Post a Comment