Sebuah konsep pemasaran yang baik, harus benar-benar bisa
melihat seperti apa kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen
memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah keberhasilan dari
konsep pemasaran. Untuk memenuhi tujuan dari suatu perusahaan
seluruh kegiatan dalam perusahaan yang mengikuti konsep pemasaran
akan diarahkan.
Menurut Kotler dan Armstrong (2017:8) menyatakan bahwa
terdapat lima konsep pemasaran yang sering dijadikan rujukan oleh
perusahaan untuk melaksanakan kegiatan pemasarannya, yaitu:
- Produksi konsep produksi adalah konsep bisnis tertua dimana
konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas
dengan harga yang terjangkau. - Produk konsumen akan menyukai produk yang menawarkan fitur
mutu yang terbaik. Konsep ini menunjukkan bahwa konsumen
sangat berpengaruh dalam penciptaan produk. - Penjualan para konsumen dan perusahaan bisnis jika tidak teratur
melakukan penjualan maka, konsumen umumnya menunjukkan
keengganan atau penolakan untuk membeli. - Pemasaran konsep ini menegaskan bahwa kunci untuk mencapai
sasaran organisasi adalah perusahaan harus lebih efektif dalam
menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai
konsumen kepada sasaran pasar yang dipilih. - Pemasaran berorientasi masyarakat konsep ini masyarakat
menegaskan bahwa tugas organisasi dalam menentukan kebutuhan,
keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan
kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien.
No comments:
Post a Comment