Wednesday, April 17, 2024

Konsep Pemasaran

 


Sebuah konsep pemasaran yang baik, harus benar-benar bisa
melihat seperti apa kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen
memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah keberhasilan dari
konsep pemasaran. Untuk memenuhi tujuan dari suatu perusahaan
seluruh kegiatan dalam perusahaan yang mengikuti konsep pemasaran
akan diarahkan.
Menurut Kotler dan Armstrong (2017:8) menyatakan bahwa
terdapat lima konsep pemasaran yang sering dijadikan rujukan oleh
perusahaan untuk melaksanakan kegiatan pemasarannya, yaitu:

  1. Produksi konsep produksi adalah konsep bisnis tertua dimana
    konsumen akan lebih menyukai produk yang tersedia secara luas
    dengan harga yang terjangkau.
  2. Produk konsumen akan menyukai produk yang menawarkan fitur
    mutu yang terbaik. Konsep ini menunjukkan bahwa konsumen
    sangat berpengaruh dalam penciptaan produk.
  3. Penjualan para konsumen dan perusahaan bisnis jika tidak teratur
    melakukan penjualan maka, konsumen umumnya menunjukkan
    keengganan atau penolakan untuk membeli.
  4. Pemasaran konsep ini menegaskan bahwa kunci untuk mencapai
    sasaran organisasi adalah perusahaan harus lebih efektif dalam
    menciptakan, menyerahkan, dan mengkomunikasikan nilai
    konsumen kepada sasaran pasar yang dipilih.
  5. Pemasaran berorientasi masyarakat konsep ini masyarakat
    menegaskan bahwa tugas organisasi dalam menentukan kebutuhan,
    keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan
    kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien.

No comments:

Post a Comment