Wednesday, April 17, 2024

Pengertian Pemasaran

 


Pemasaran bagi seluruh pelaku bisnis adalah suatu kegiatan yang
sangat penting karena berpengaruh bagi kelangsungan hidup, laba dan
pertumbuhan. Berikut ini adalah pendapat ahli mengenai pengertian
pemasaran :
Menurut Kotler dan Armstrong (2018:29), “Marketing as the
process by which companies engage customers, build strong customer
relationships, and create customer relationships, and create customer
value in order to capture value from customers in return.” Atau dapat
didefinisikan yaitu "Pemasaran sebagai proses dimana perusahaan
melibatkan pelanggan, membangun hubungan pelanggan yang kuat,
dan menciptakan hubungan pelanggan, dan menciptakan nilai
pelanggan untuk menangkap nilai dari pelanggan kembali".
Menurut Laksana (2019:1), pemasaran adalah bertemunya penjual
dan pembeli untuk melakukan kegiatan transaksi produk barang atau
jasa. Sehingga pengertian pasar bukan lagi merujuk kepada suatu
tempat tapi lebih kepada aktivitas atau kegiatan pertemuan penjual dan
pembeli dalam menawarkan suatu produk kepada konsumen.
Menurut Tjiptono dan Diana (2020:3), pemasaran adalah proses
menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan
harga barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran
yang memuaskan dengan para pelanggan dan untuk membangun dan
mempertahankan relasi yang positif dengan para pemangku
kepentingan dalam lingkungan yang dinamis.

No comments:

Post a Comment