Wednesday, April 17, 2024

Tinjauan Teori Administrasi

 


Administrasi muncul dan berkembang akibat adanya kebutuhan manusia
untuk bekerjasama guna mencapai tujuan yang tidak dapat dihasilkan secara
perorangan. Hal ini berkaitan dengan hakekat sifat manusia sehingga dengan
keterbatasannya mendorong manusia untuk bekerja demi mencapai tujuan
yang diinginkan. Menurut Silalahi (2012:5) administrasi secara sempit yaitu :
“Penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara
sistematis dengan maksud untuk menyediakan keterangan
serta memudahkan memperoleh kembali secara keseluruhan
dan dalam hubungan satu sama lain”.
Administrasi merupakan kegiatan-kegiatan sekelompok orang melalui
proses kerjasama baik dalam suatu organisasi maupun antara organisasi untuk
mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan bersama sebelumnya hal ini
sesuai dengan pengertian administarasi secara luas menurut Silalahi
(2012:11) adalah
“Kegiatan kerjasama yang dilakukan sekelompok orang
berdasarkan pembagian kerja sebagian ditentukan dalam
struktur dengan mendayagunakan sumberdaya-sumberdaya
untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien”.

No comments:

Post a Comment