Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:137-143) menyatakan
bahwa unsur-unsur dari persepsi yaitu:
- Sensasi, yaitu respon yang segera dan langsung dari alat panca
indera terhadap stimuli yang sederhana (iklan, kemasan, merk).
Stimulus adalah setiap unit masukan yang diterima oleh setiap
indera. Contoh Stimuli (yaitu masukkan panca indera) meliputi
produk, kemasan, merk, iklan cetak dan iklan media elektronik. - Ambang absolut, yatiu tingkat terendah dimana seseorang dapat
mengalami sensasi. Titik dimana seseroang dapat mengetahui
perbedaan antara “ada sesuatu” dan “tidak ada apa-apa” merupakan
ambang absolut orang itu terhadap stimulus tersebut. - Ambang differensial (Just Noticeable Different) adalah perbedaan
terendah yang dapat disadari oleh seseorang atas dua stimulus yang
hampir serupa. - Persepsi subliminal, yaitu stimuli yang terlalu lemah atau terlalu
singkat untuk terlihat atau terdengar secara sadar mungkin akan
cukup kuat untuk dapat disadari oleh satu sel atau lebih penerima
atau dengan kata lain dibawah ambang batas atau “limen” kesadaran.
No comments:
Post a Comment