Friday, April 19, 2024

Unsur-Unsur Persepsi Pelanggan

 


Menurut Schiffman dan Kanuk (2008:137-143) menyatakan
bahwa unsur-unsur dari persepsi yaitu:

  1. Sensasi, yaitu respon yang segera dan langsung dari alat panca
    indera terhadap stimuli yang sederhana (iklan, kemasan, merk).
    Stimulus adalah setiap unit masukan yang diterima oleh setiap
    indera. Contoh Stimuli (yaitu masukkan panca indera) meliputi
    produk, kemasan, merk, iklan cetak dan iklan media elektronik.
  2. Ambang absolut, yatiu tingkat terendah dimana seseorang dapat
    mengalami sensasi. Titik dimana seseroang dapat mengetahui
    perbedaan antara “ada sesuatu” dan “tidak ada apa-apa” merupakan
    ambang absolut orang itu terhadap stimulus tersebut.
  3. Ambang differensial (Just Noticeable Different) adalah perbedaan
    terendah yang dapat disadari oleh seseorang atas dua stimulus yang
    hampir serupa.
  4. Persepsi subliminal, yaitu stimuli yang terlalu lemah atau terlalu
    singkat untuk terlihat atau terdengar secara sadar mungkin akan
    cukup kuat untuk dapat disadari oleh satu sel atau lebih penerima
    atau dengan kata lain dibawah ambang batas atau “limen” kesadaran.

No comments:

Post a Comment