Wednesday, April 17, 2024

Penilaian Kinerja Pegawai

 


Kinerja merupakan perwujudan kerja yang dilakukan oleh pegawai yang
biasanya dipergunakan sebagai dasar penelitian terhadap pegawai dan atau
suatu organisasi. Kinerja yang baik merupakan langkah menuju tercapainya
tujuan organisasi. Menurut Irawan (1997:188), penilaian kerja pegawai:
“Suatu cara dalam melakukan evaluasi terhadap prestasi
kerja pegawai dengan serangkaian tolak ukur tertentu yang
objektif dan berkaitan langsung dengan tugas seseorang serta
dilakukan secara berkala.”
Penilaian kinerja pada dasarnya merupakan kunci guna mengembangkan
suatu organisasi secara efektif dan efesien, karena adanya kebijakan atau
program yang lebih baik atas sumberdaya manusia yang ada dalam
organisasi. Penilaian kinerja sangat bermanfaat bagi dinamika pertumbuhan
organisasi secara keseluruhan, melalui penilaian tersebut maka dapat
diketahui kondisi sebenarnya tentang bagaimana kinerja pegawai. Selain itu
Tulus (2006:127) menyebutkan, bahwa penilaian kerja adalah:
“Penilaian kinerja pegawai secara tradisional dipusatkan
pada karakteristik individual seseorang seperti intelegensia,
kemampuan mengambil keputusan, kreativitas dan
kemampuan bergaul dengan orang lain”.
Penilaian kinerja memungkinkan terjadinya komunikasi antara atasan
dengan bawahan untuk meningkatkan produktivitas serta untuk mengevaluasi
pengembangan apa saja yang dibutuhkan agar kinerja semakin meningkat.
Sinambela (2012:3) menyebutkan, bahwa penilain kinerja adalah:
“Penilaian kinerja adalah suatu metode untuk
membandingkan berbagai pekerjaan dengan menggunakan
prosedur-prosedur formal dan sistematis untuk menentukan
suatu urutan tingkat pekerjaan-pekerjaan itu melalui
penentuan kedudukan atau ratio satu pekerjaan
dibandingkan dengan pekerjaan yang lain”.

No comments:

Post a Comment