Friday, December 30, 2022

Hakikat Public Relations Officer di Sebuah Organisasi (skripsi, tesis, disertasi)

 


Public Relations Officer lebih dikenal dengan istilah hubungan
masyarakat (humas). 
Dikatakan demikian, karena humas merupakan
bagian vital dari suatu institusi baik yang bersifat swasta maupun negeri.
Dianggap vital karena sebagai ujung tombak suatu institusi dalam menjaga
citra positif dan hubungan baik dengan para stakeholders, maka tidak heran
jika praktisi humas selalu berada paling depan dan selalu paling pertama
untuk menangani setiap kasus yang menimpa institusi tersebut. Definisi
Public Relations, yang diambil dari The British Institute of Public
Relations, adalah: Public Relations activity is management of communications
between an organization and its publics”. (Aktivitas Public Relations
adalah mengelola komunikasi antara organisasi dan publiknya). “Public
Relations practice is deliberate, planned and sustain effort to establish and
maintain mutual understanding between an organization and its public”.
(Praktik Public Relations adalah memikirkan, merencanakan, dan
mencurahkan daya untuk membangun dan menjaga saling pengertian
antara organisasi dan publiknya).5
Rex Harlow menyatakan bahwa definisi dari Public Relations
adalah;
“Public Relations adalah fungsi manajemen yang khas dan
mendukung pembinaan, pemeliharaan jalur bersama antara organisasi
dengan publiknya, menyangkut aktivitas komunikasi, pengertian,
penerimaan dan kerja sama, melibatkan manajemen dalam menghadapi
persoalan/permasalahan, membantu manajemen untuk mampu menanggapi
opini publik, mendukung manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan
perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam
mengantisipasi kecenderungan penggunaan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana
utama”.
6
Dari definisi diatas terdapat banyak kesamaan dalam unsur-unsur
utamanya yang menyangkut suatu proses yang mencakup hubungan timbal
balik antara organisasi dan publiknya. Analisis dan evaluasi melalui
penelitian lapangan terhadap sikap, opini dan kecenderungan sosial, serta
mengkomunikasikannya kepada pihak manajemen/pimpinan. Konseling
manajemen untuk dapat memastikan kebijaksanaan dan tata cara kegiatan
dapat dipertanggungjawabkan secara sosial dalam konteks demi
kepentingan bersama bagi kedua belah pihak. Pelaksanaan program
aktivitas yang didalamnya terdapat perencanaan, pengkomunikasian, dan
pengevaluasian. Perencanaan dengan i’tikad yang baik, saling pengertian,
dan penerimaan dari pihak publiknya (internal dan eksternal) sebagai hasil
akhir dari aktivitas Public Relations.
Public Relation merupakan usaha yang direncanakan secara terusmenerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan
pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. Berdasarkan
pengertian diatas maka Public Relations adalah komunikasi terencana baik
kedalam maupun keluar organisasi dengan semua khalayaknya dalam
rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling
pengertian. Public Relations yang professional adalah seorang yang bisa erkomunikasi dengan jujur sekaligus menjadikan image perusahaan tetap
baik, apapun situasi yang dihadapinya.

No comments:

Post a Comment