Monday, October 30, 2023

Analisis SWOT

 Menurut David dan David (2016:171) untuk memahami semua situasi dan kondisi perusahaan diperlukan pendekatan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (strengths, weaknesses, opportunities, threats). Analisis SWOT merupakan identifikasi yang bersifat sistematis dari faktor kekuatan dan kelemahan organisasi serta peluang dan ancaman lingkungan luar dan strategi yang menyajikan kombinasi terbaik diantara keempatnya. Setelah diketahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan dapat menentukan strategi dengan memanfaatkan kekuatan yang dimilikinya untuk mengambil keuntungan dari peluang-peluang yang ada, sekaligus memperkecil atau mengatasi kelemahan yang dimilikinya untuk menghindari ancaman yang ada. Menurut Isniati (2019:60) Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada memaksimalkan kekuatan (Strength) dan peluang (Opportunities), tetapi secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weakness) dan ancaman (Threats). 1. Kekuatan (strength) Kekuatan yang dimiliki perusahaan untuk kompetensi khusus yang terdapat dalam organisasi yang memiliki komparatif pada satuan bisnis yang memiliki sumber, keterampilan, produk andalan, dan sebagainya yang membuatnya lebih kuat dari para pesaing. 2. Kelemahan (Weakness) Kelemahan keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber, keterampilan, dan kemampuan yang menjadi penghalang serius bagi penampilan kinerja organisasi yang memuaskan. 3. Peluang (Opportunities) Peluang ialah lingkungan yang menguntungkan bagi suatu satuan bisnis dikalangan pengguna produk, identifikasi pada segmen pasar, perubahan dalam kondisi persaingan, para pembeli dan pemasok. 4. Ancaman (Threats) Ancaman adalah faktor -faktor yang dalam lingkungan yang diinginkan perusahaan pada suatu bisnis yang masuknya pesaing baru pada perkembangan dan perubahan teknologi yang belum dikuasai.

No comments:

Post a Comment