Monday, October 30, 2023

Strategi Hubungan Masyarakat

 


Menurut Ahmad S. Adnanputra dalam Rosady Roslan (1997:107), strategi
Hubungan Masyarakat adalah alternatif optimal yang dipilih untuk ditempuh guna
mencapai tujuan Hubungan Masyarakat dalam kerangka suatu rencana hubungan
masyarakat. Hubungan Masyarakat bertujuan untuk menegakkan dan
mengembangkan “citra yang menguntungkan” (favorable image) bagi organisasi/
organisasi, atau produk barang dan jasa terhadap stakeholders-nya (sasaran atau
khalayak yang terkait, meliputi publik internal dan publik eksternal).
Strategi Hubungan Masyarakat diarahkan pada upaya menggarap persepsi para
stakeholder sebagai tempat akarnya tindak dan persepsi mereka. Konsekuensinya
adalah jika strategi penggarapan itu berhasil maka akan memperoleh suatu opini
atau citra yang menguntungkan (Rosady Roslan, 1997:107).
Berdasarkan beberapa definisi di atas, maka yang dimaksud dengan strategi
Hubungan Masyarakat dalam penelitian ini adalah strategi yang dipilih untuk
mencapai tujuan memperoleh citra yang baik dari khalayak atau publik.
Untuk lebih jelas mengenai strategi hubungan masyarakat, menurut Ahmad S.
Adnanputra dalam Rosadi Ruslan (1997:108), strategi Hubungan Masyarakat
dibentuk dari dua komponen yang saling berkaitan erat, yaitu komponen sasaran
dan komponen sarana

No comments:

Post a Comment