Tuesday, October 31, 2023

Definisi Kinerja Pegawai

 


Definisi kinerja menurut Mangkunegara (2009) adalah output atau
hasil kerja yang secara kualitas dan kuantitas dapat dicapai oleh seorang
pegawai di dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab
yang diberikan kepadanya. Menurut Sedarmayanti (2011) kinerja adalah
implementasi dari hasil kerja pegawai, sebuah proses manajemen atau suatu
organisasi secara keseluruhan dimana hasil kerja tersebut harus dapat
ditunjukkan buktinya secara konkret dan dapat diukur.
Fahmi (2016) mendefinisikan kinerja sebagai hasil yang diperoleh
oleh suatu organisasi baik organisasi tersebut profit oriented dan non profit
oriented. H.M.Yani (2012) mengungkapkan kinerja juga merupakan hasil
kerja yang dicapai seseorang dalam menjalankan tugas-tugas yang
dibebankan kepadanya yang didasarkan pada kecakapan, pengalaman
kesungguhan dalam bekerja. Senada dengan hal tersebut, menurut Kasmir
(2016) mengungkapkan bahwa kinerja adalah hasil kerja seseorang dan
perilaku pekerja dalam satu periode, biasanya dalam satu periode yaitu satu
tahun.
Menurut Moeheriono (2009) kinerja adalah cerminan mengenai
tingkat pencapaian pelaksanaan program atau kebijakan dalam mewujudkan
sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi. Menurut Rivai & Sagala (2010)
kinerja adalah hasil atau tingkatan keberhasilan secara keseluruhan selama
periode tertentu dalam melaksanakan tugas dibandingkan dengan standar
hasil kerja yang telah ditentukan terlebih dahulu dan telah disepakati.

No comments:

Post a Comment