Monday, October 30, 2023

Sistematika Strategi Hubungan masyarakat

 Menurut Onong Uchjana Effendi (1999: 97-106), sistematika startegi Hubungan Masyarakat meliputi: 1. Penelitian Merupakan tahap kegiatan mengumpulkan data (collecting data) dan pengkajian fakta (fact finding), sehingga kadar intensitas penelitian ditentukan oleh besar kecilnya organisasi. Organisasi yang besar dengan manajemen yang kompleks memerlukan penelitian yang luas dan mendalam. 2. Perencanaan Dalam hal ini, meskipun pada tahap pertama data yang diperoleh telah cukup lengkap dan faktual, namun belum tentu pada tahap pelaksanaannya akan efektif apabila tidak melalui tahap perencanaan ditangani secara seksama. Pada tahap ini Hubungan Masyarakat terlebih dahulu harus menginventarisasi masalah untuk selanjutnya mengkorelasikan aspek yang satu dengan aspek lain, sehingga dalam pelaksanaannya kelak, masalah-masalah yang akan menghambat proses pelaksanaan akan dapat diatasi. 3. Penggiatan Merupakan tahap pelaksanaan secara aktif terhadap rencana yang sebelumnya telah disusun. Pada tahap ini Hubungan Masyarakat menggunakan berbagai sarana yang dipandang mendukung pelaksanaan. Hal penting dalam tahap ini adalah mekanisme kerja yang mapan sehingga koordinasi dan sinkronisasi akan dapat dilakukan optimal. 25 4. Penilaian Tahap penilaian dilakukan untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan suatu rencana yang terdiri atas program-program yang di dalam penyusunannya ditunjang oleh hasil penelitian yang dilaksanakan sebagaimana mestinya. Pada tahap penilaian, ditelaah apakah rencana yang ditunjang dengan hsil penelitian dapat dilaksanakan secara maksimal; dengan kata lain apakah pelaksanaan tersebut sesuai dengan rencana. Singkatnya, Penilaian merupakan tahap yang tidak boleh diabaikan dalam strategi hubungan masyarakat.

No comments:

Post a Comment