Tuesday, October 31, 2023

Knowledge Sharing

 


Knowledge sharing adalah interaksi antara penyedia pengetahuan dan
penerima. Tujuan berbagi pengetahuan adalah untuk membantu orang lain belajar.
Oleh karena itu Knowledge Sharing juga digambarkan sebagai aktivitas aliran yang
merupakan pertukaran pengetahuan eksplisit atau tacit dari satu pihak ke pihak
lainnya (Senge, 1997; Nissen, 2005; Hall, 2003) dalam Lin & Huang (2020).
Berbagi pengetahuan sering didefinisikan sebagai “budaya interaksi sosial,
yang melibatkan pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan karyawan
melalui seluruh departemen atau organisasi”. Memiliki pengetahuan yang
dibagikan dengan orang yang tepat pada waktu yang tepat sangat penting dalam
membangun dan mempertahankan daya saing organisasi (Ma dan Yu, 2010; Gowen
et al., 2009; Ma et al., 2014) dikutip Yin et al., (2020).
Knowledge mengacu pada metode penyebaran keahlian individu kepada
orang lain. Berbagi pengetahuan telah dianggap sebagai salah satu ukuran penting
dari manajemen pengetahuan sejak lama. Adopsi metode berbagi pengetahuan oleh
sebagian besar organisasi telah dianggap sebagai praktik yang signifikan. Beberapa
teknik berbasis kecerdasan buatan telah disarankan untuk mengelola dan
memanfaatkan pengetahuan secara optimal. Studi telah menunjukkan bahwa
integrasi kreasi bersama pengetahuan dengan data besar sangat penting untuk
mempromosikan pengambilan keputusan yang terbukti untuk menghasilkan hasil
bisnis yang berkelanjutan (Lee dan Ahn, 2007; Acharya et al., 2018) dalam Dwivedi
& Chaturvedi (2020).
Berdasarkan pendapat yang telah diuraikan. Dapat disimpulkan bahwa
Knowledge sharing merupakan suatu aktifitas pemindahan atau pertukaran
pengetahuan dan keterampilan dari individu ke individu lainnya dengan tujuan
untuk saling membangung dan mengembangkan keterampilan dalam berorganisasi.

No comments:

Post a Comment