Tuesday, October 31, 2023

Dimensi Kinerja Pegawai

 


Dimensi kinerja menurut Mangkunegara (2009) terdapat empat
elemen diantaranya:
1) Kualitas Kerja
Kualitas kerja adalah seberapa baik seorang karyawan dalam mengerjakan
apa yang dikerjakan.
2) Kuantitas Kerja
Kuantitas kerja adalah seberapa lama seorang karyawan bekerja dalam
satu harinya, dapat dilihat dari kecepatan kerja setiap masing-masing
pegawai.
3) Pelaksanaan Tugas
Pelaksanaan tugas adalah seberapa jauh karyawan mampu melaksanakan
tugasnya dengan akurat.
4) Tanggung Jawab
Tanggung jawab terhadap pekerjaan adalah kesadaran akan kewajiban
karyawan untuk melaksanakan pekerjaan yang diberikan.
Menurut Mathis & Jackson (2011) dimensi kinerja diantaranya:
1) Kuantitas Output
Seberapa banyak jumlah yang dihasilkan dibanding dengan target yang
sudah ditentukan.
2) Kualitas Output
Kualitas yang dihasilkan, ditandai dengan tingginya ketepatan hasil yang
diperoleh sesuai dengan standar dan rendahnya pengulangan pekerjaan.
3) Ketepatan Waktu
Ketepatan dalam mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai
dengan waktu yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi.
4) Kehadiran dalam pekerjaan
Tingkat kehadiran karyawan dalam pekerjaan yang bisa dilihat dari data
absensi dan ditandai dengan rendahnya angka ketidakhadiran karyawan.
5) Efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan
Menyelesaikan pekerjaan dengan usaha yang kecil dan memperoleh hasil
tertentu.
6) Efektivitas dalam menyelesaikan pekerjaan.
Menyelesaikan pekerjaan dengan usaha tertentu dan mendapatkan hasil
yang maksimal.

No comments:

Post a Comment