Monday, October 30, 2023

Tujuan Hubungan Masyarakat

  Dalam menguraikan tujuan Hubungan Masyarakat ini, terlebih dahulu haruslah dibagi pengertian tujuan Hubungan Masyarakat tersebut menurut kegiatannya. Pembagian kegiatan humas menurut Danan Djaja (1985:17), dapat dijelaskan sebagai berikut: a. Tujuan berdasarkan kegiatan internal hubungan masyarakat b. Tujuan berdasarkan kegiatan external hubungan masyarakat. Tujuan Hubungan Masyarakat berdasarkan kegiatan internal relation menurut Danan Djaja (1985:17), dapat mencakup kepada beberapa hal yaitu: 1. Mengadakan suatu penilaian terhadap sikap, tingkah laku dan opini publik terhadap organisasi, terutama sekali ditujukan kepada kebijaksanaan organisasi yang sedang dijalankan. 2. Mengadakan suatu analisa dan perbaikkan terhadap kebijaksanaanyang sedang dijalankan, guna mencapai tujuan yang ditetapkan organisasi dengan tidak melupakan kepentingan publik. 18 3. Memberikan penerangan kepada publik karyawan mengenai suatu kebijaksanaan organisasi yang bersifat objektif serta menyangkut kepada berbagai aktivitas rutin organisasi, juga menjelaskan tentang perkembangan organisasi tersebut. Pada tahap selanjutnya diharapkan publik karyawan akan tetap well inform. 4. Merencanakan berbagai penyusunan suatu staff yang efektif bagi penugasan kegiatan yang bersifat internal humas dalam organisasi tersebut. Tujuan sentral Hubungan Masyarakat yang akan dicapai adalah tujuan organisasi, sebab Hubungan Masyarakat dibentuk atau digiatkan guna menunjang manajemen yang berupaya mencapai tujuan organisasi. Telah disinggung di muka bahwa organisasi adalah kerangka kegiatan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dan kegiatan itu adalah pengerahaan manusia-manusia secara terarah yang dinamakan manajemen. Jelasnya, organisasi merupakan “raga”, dan manajemen adalah “jiwanya”. Oleh karena itu, organisasi tanpa manajemen dapat diibaratkan raga tanpa jiwa, jadi organisasi yang demikian tidak berfungsi atau mati. (Onong Uchjana Effendy, 1992:94). Rumusan yang paling tepat mengenai tujuan Hubungan Masyarakat adalah sebagai berikut: 1. Terpelihara dan terbentuknya saling pengertian (Aspek Kognisi). Tujuan Hubungan Masyarakat pada akhirnya adalah membuat publik dan organisaasi atau lembaga saling mengenal. Baik mengenal kebutuhan, kepentingan, harapan, maupun budaya masing-masing. Aktivitas humasan 19 harus menunjukkan usaha komunikasi untuk mencapai saling kenal dan mengerti tersebut. 2. Menjaga dan membentuk saling percaya (Aspek Afeksi). Bila tujuan yang pertama mengarah pada pengutan dan perubahan pengetahuan (kognisi), maka tujuan berikutnya adalah lebih pada tujuan emosi, yakni pada sikap (afeksi) saling percaya (mutual confidence). Untuk mencapai tujuan saling percaya ini, prinsip-prinsip komunikasi persuasif dapat diterapkan. 3. Memelihara dan menciptakan kerja sama (Aspek Psikomotoris). Tujuan berikutnya adalah dengan komunikasi diharapkan akan terbentuknya bantuan dan kerja sama nyata. Artinya, bantuan dan kerja sama ini sudah dalam bentuk perilaku atau termanifestasi dalam bentuk tindakan tertentu. (Frida Kusumastuti, 2002:20)

No comments:

Post a Comment