Monday, October 30, 2023

Tahapan Manajemen Strategik

 Menurut David dan David (2016:4) pada prinsipnya manajemen strategik merupakan proses yang terdiri atas tiga kegiatan berikut: 1. Formulasi Staregi (strategy formulation) mencakup pengembangan visi dan misi, mengidentifikasi kesempatan dan ancaman eksternal organiasi, menentukan kekuatan dan kelemahan, dan memilih strategi khusus untuk dicapai. 2. Implementasi strategi (strategy implementation) memerlukan perumusan tujuan tahunan, kebijakan yang memotivasi karyawan, pengalokasian sumber daya oleh perusahaan, sehingga strategi yang diformulasikan dapat dilakukan. Implementasi strategi mencakup pengembangan budaya suportif, strategi penciptaan struktur organisasi yang efektif, pengarahan kembali usaha pemasaran, persiapan anggaran, pengembangan dan penggunaan sistem informasi, serta pengaitan kompensasi karyawan dengan kinerja organisasi. 3. Evaluasi strategi (strategy evaluation) tahapan final dalam manajemen strategik. Manajer harus mengetahui Ketika strategi tertentu tidak bekerja dengan baik. Evaluasi strategi adalah cara yang tepat untuk mengetahui informasi ini. Semua strategi merupakan subjek untuk modifikasi di masa yang akan dating karena faktor internal dan eksternal senantiasa berubah. Tiga aktivitas fundamental evaluasi strategi adalah: a. Meninjau faktor internal dan eksternal yang merupakan basis untuk strategi saat ini, b. Mengukur kinerja, c. Mengambil tindakan korektif. Formulasi, implementasi, dan evaluasi strategi adalah aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam tiga level hierarki di organisasi yang besar: perusahaan, unit divisi atau strategi, dan fungsional. Dan membantu komunikasi dan interaksi antar manajer dan karyawan lintas level hierarki, manajemen strategi membantu fungsi firna sebagai tim yang kompetitif

No comments:

Post a Comment