Monday, October 30, 2023

Langkah-Langkah Strategi Hubungan masyarakat

 Terkait dengan strategi hubungan masyarakat, Pearce dan Robinson dalam Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto (2002:92) mengembangkan langkah-langkah strategic management dalam langkah-langkah strategi Hubungan Masyarakat yang meliputi: 1. Menentukan mision organisasi. Termasuk di dalamnya adalah pernyataan yang umum mengenai maksud pendirian (purpose), filosofi dan sasaran (goal). 2. Mengembangkan company profile yang mencerminkan kondisi internal perusaahaan dan kemampuan yang dimilikinya. 3. Penilaian terhadap lingkungan eksternal organisasi, baik dari segi semangat kompetitif maupun secara umum. 4. Analisis terhadap peluang dari lingkungan (yang melahirkan pilihan-pilihan). 5. Identifikasi atas pilihan yang dikehendaki yang tidak dapat digenapi untuk memenuhi tuntutan misi organisasi. 6. Pemilihan strategi atas objective tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dengan objective jangka panjang dan garis besar strategi 7. Mengembangkan objective tahunan dan rencana jangka pendek yang selaras dengan objective jangka panjang dan garis besar strategi 8. Implementasi atas hasil-hasil di atas dengan menggunakan sumber yang tercantum pada anggaran dan mengawinkan rencana tersebut dengan sumber daya manusia, struktur, teknologi dan sistem balas jasa yang memungkinkan. 9. Review dan evaluasi atas hasil hal-hal di atas yang telah dicapai dalam setiap periode jangka pendek sebagai suatu proses untuk melakukan kontrol dan sebagai in put bagi pengambilan keputusan di masa depan (Kasali, 1994:43).

No comments:

Post a Comment