Tuesday, October 31, 2023

Dimensi Knowledge Sharing

 


Menurut Swift & Hwang (2013) ada tiga indikator knowledge sharing
yaitu:
1) Membagikan secara sukarela
Membagikan secara sukarela pengetahuan dan wawasan yang kita miliki
kepada orang lain atau rekan kerja, sehingga pengetahuan tersebut bisa
bermanfaat dan bisa menjadi modal untuk meningkatkan hasil didalam
pekerjaan.
2) Berkomunikasi dengan semua orang
Berkomunikasi dengan semua orang merupakan sesuatu yang bisa
berdampak di dalam aktivitas organisasi, oleh karenanya dengan
komunikasi yang baik, maka dapat berdampak terhadap kemajuan dan
keberhasilan organisasi.
3) Mendapat segala informasi dengan mudah dan bebas
Karyawan lain bisa dengan mudah dalam mendapatkan informasi yang
diperlukan, sehingga dapat mempermudah di dalam menerapkan informasi
yang didapat didalam pekerjaannya.
Menurut Lumbantobing (2011) ada dua dimensi dalam knowledge
sharing, yaitu:
1) Tacit Knowledge
Tacit Knowledge Sharing adalah pengetahuan yang didapat dari
pengalaman perorangan yang sulit dikomunikasikan dan sifatnya personal.
Pengalaman yang diperoleh dari setiap individu ini berbeda-beda
tergantung dengan keadaan yang tidak bisa diprediksi.
2) Explicit Knowledge
Explicit Knowledge Sharing adalah pengetahuan yang sifatnya bisa
dipelajari dan bisa dikomunikasikan dalam bentuk lisan maupun tulisan

No comments:

Post a Comment