Tuesday, October 31, 2023

Tujuan Penilaian Kinerja Pegawai

 


Menurut Mangkunegara (2010) tujuan penilaian kinerja adalah untuk
memperbaiki dan meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan penilaian kinerja
terdiri dari:
1) Menambah saling pengertian antar karyawan tentang prosedur dan standar
kinerja.
2) Mencontoh dan mengakui hasil kerja seorang karyawan, sehingga
termotivasi dan bersemangat untuk berbuat lebih baik lagi.
3) Memberi kesempatan kepada karyawan untuk mendiskusikan rencana dan
aspirasi untuk meningkatkan kepeduliannya terhadap karir dan pekerjaan
yang diembannya.
4) Menyusun kembali target masa depan, sehingga karyawan termotivasi
untuk lebih berprestasi sesuai dengan porsinya.
5) Meninjau agenda pelaksanaan dan pengembangan yang sesuai dengan
kebutuhan pelatihan.
Menurut Samsudin (2010) terdapat tujuan penilaian kinerja diantaranya:
1) Administratif yaitu memberikan arah untuk penetapan promosi, transfer
dan kenaikan gaji
2) Informatif yaitu memberikan data kepada manajemen tentang prestasi
kerja bawahan dan memberikan data kepada individu tentang kelebihan
dan kekurangan.
3) Motivasi yaitu menciptakan pengalaman belajar yang memotivasi staf
untuk mengembangkan diri dan meningkatkan prestasi kerja.

No comments:

Post a Comment