Monday, October 30, 2023

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

  Dua faktor yang perlu di pertimbangkan dalam penggunaan analisis SWOT yaitu: 1. Analisis Lingkungan Internal a. Pemasaran Daerah pemasaran merupakan wilaya perusahaan untuk menjual hasil produknya, hal ini sangat penting sebab dengan adanya daerah pemasaran maka hasil produksi perusahaan akan terjual secara kontinyu dan untuk mengetahui mengenai kegiatan promosi yang dijalankan perusahaan. b. Produk Produk merupakan suatu hasil proses yang memiliki sifat kompleks baik dalam bentuk nyata secara fisik dapat maupun tidak dapat diraba untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Adapun indikator dari produk tersebut adalah macam-macam produk yang dijual di toko dan dapat di jangkau oleh segmen pasar yang ada. c. Sumberdaya manusia Sumberdaya manusia merupakan penggerak untuk kelancaran usaha dan kinerja perusahaan serta salah-satu kekayaan perusahaan yang harus di pelihara dan dijaga. Penggunaan tenaga kerja manusia secara efektif dan terarah merupakan kunci kearah peningkatan hasil produksi. d. Promosi Promosi merupakan bagian terpenting dari suatu perusahaan untuk dapat memperluas, meningkatkan dan memperkenalkan produk secara lebih kepada masyarakat. Dengan promosi diharapka volume penjualan suatu produk dapat meningkat dan dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat. e. Harga perusahaan menentukan harga jual produknya mendasarkan atas biaya produsen dan biaya bahan baku ditambah prosentasi 20%. di samping itu perusahaan juga memperhatikan tingkat harga umum yang berlaku di pasar atau harga jual produk pesaing. f. Keuangan Keuangan merupakan ilmu dan seni yang mengelola uang yang mempengaruhi setiap orang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, lembaga, pasar, dan instrumen yang terlibat dalam trasfer uang dimana di antara individu ataupun antar bisnis dan pemerintah. 2. Analisis Lingkungan Eksternal a. Ekonomi Pasar memerlukan daya beli dimana kondisiini dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, perumusan strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan serta yang dapat merintangi atau membentuk menciptakan tujuan perusahaan, adalah pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi. b. Sosial Keadaan sosial merupakan pertimbangan bagi manajemen. Lingkungan ini berkenaan dengan kepercayaan kepercayaan terhadap pruduk suatu perusahaan. Perubahan sosial yang terjadi terus menerus seiring berjalanya waktu maka perusahaan harus bisa menyesuaikan kondisi tersebut. c. Politik Faktor stabilitas politik dan regulasi merupakan pertimbangan utama para manejer dalam merumuskan strategi perusahaan. Kebijakan yang berlaku di sebuah negara untuk setiap usaha. Misalnya dalam bidang perdagangan, dan aktifitas bisnis lainya. d. Teknologi Perlu memperhatikan perubahan teknologi masakini yang mempunyai pengaruh terhadap industri. Inovasi teknologi dapat terjadi dan dramatis dapat mempengaruhi perusahaan. kemajuan teknologi dapat memunculkan industri baru, jadi perusahaan terutama perusahaan industri harus mengamati kemajuan teknologi saat ini dan kemungkinan inovasi lebih lanjut diwaktu yang akan datang. e. Pesaing Mereka yang menguasai pasar dan dapat mengganggu stabilitas sebuah produk di sebuah pasar yang sama. Maka dari itu perusahaan harus terus melakukan riset dan melihat ancaman yang akan datang dari pesaingnya

No comments:

Post a Comment