Saturday, October 23, 2021

Aspek-Aspek Prestasi Kerja (skripsi dan tesis)

 


Menurut Hasibuan (2002) menyatakan aspek-aspek dari prestasi
kerja yaitu :
1. Kesetiaan dicerminkan oleh kesediaan sales menjaga dan membela
organisasi di dalam maupun di luar pekerjaan dari rongrongan orang
yang tidak bertanggung jawab. 
2. Prestasi kerjar, yaitu hasil kerja baik kualitas maupun kuantitas yang
dapat dihasilkan sales tersebut dari uraian pekerjaan.
3. Kejujuran, yaitu kejujuran dalam melaksanakan tugas-tugasnya
memenuhi perjanjian baik bagi dirinya sendiri maupun terhadap orang
lain seperti kepada para bawahannya.
4. Kedisiplinan yaitu, disiplin sales dalam mematuhi peraturan-peraturan
yang ada dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan instruksi yang
diberikan kepadanya.
5. Kreativitas, yaitu kemampuan sales dalam mengembangkan
kreativitasnya untuk menyelesaikan pekerjaannya, sehingga bekerja
lebih berdaya guna dan berhasil guna.
6. Kerja sama, yaitu kesediaan sales berpartisipasi dan bekerja sama
dengan sales lainnya secara vertikal dan horizontal di dalam maupun
di luar pekerjaan sehingga hasil pekerjaan akan semakin baik.
7. Kepemimpinan, yaitu kemampuan untuk memimpin, berpengaruh,
mempunyai pribadi yang kuat, dihormati, berwibawa, dan dapat
memotivasi orang lain atau bawahannya untuk bekerja secara efektif.
8. Kepribadian, yaitu sales dari sikap perilaku, kesopanan, periang,
disukai, memberi kesan menyenangkan, memperlihatkan sikap yang
baik, serta berpenampilan simpatik dan wajar.
9. Prakarsa, yaitu kemampuan berpikir yang orisinal berdasarkan inisiatif
sendiri untuk menganalisis, menilai, menciptakan, memberikan alasan, 
mendapatkan kesimpulan, dan membuat keputusan penyelesaian
masalah yang dihadapinya.
10. Kecakapan, yaitu sales dalam menyatukan dan menyelaraskan
bermacam-macam elemen yang semuanya terlibat di dalam
penyusunan kebijaksanaan dn di dalam situasi manajemen.
11. Tanggung jawab, yaitu kesediaan sales dalam mempertanggung
jawabkan kebijaksanaannya, pekerjaan, dan hasil kerjanya, sarana
dan prasarana yang dipergunakannya, serta perilaku kerjanya.
Menurut Wijono (2010) menyatakan bahwa secara umum ktriteria
alat ukur prestasi kerja mempunyai beberapa aspek, yaitu kualitas dan
kualitas, waktu yang digunakan, jabatan yang diampunya, absensi,
keamanan, dan keselamatan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.
Selain menetapkan kriteria alat ukur prestasi kerja, aspek yang tidak kalah
pentingnya adalah menentukan informasi apa saja yang dibutuhkan untuk
mengukur prestasi kerja seseorang.
Menurut Pianda (2018) menyatakan kriteria prestasi kerja
diekspresikan sebagai aspek-aspek prestasi kerja yang mencangkup baik
atribut maupun kompetensi. Ini adalah pengetahuan, keahlian dan
pengalaman yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan
berhasil (atribut) dan keahlian-keahlian tertentu yang dapat ditunjukkan
oleh staf (kompetensi). Hal yang sama juga menyebutkan bahwa prestasi 
kerja merupakan integritas dari tiga elemen yaitu: kecakapan, upaya, dan
keadan-keadaan eksternal. 

No comments:

Post a Comment