Sunday, October 24, 2021

Dimensi Kepercayaan Konsumen (skripsi dan tesis)

 


Rawlin (dalam Prianso, 2017:123) menyatakan bahwa penelitian yang
dilakukan lebih dari 40 tahun tetang kepercayaan, telah menghasilkan dimensi yang
dapat digunakan sebagai instrumen pengukuran kepercayaan, yaitu:
1. Kepuasan
Organisasi bisnis perlu berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi
konsumennya agar apa yang diharapkan oleh konsumen sesuai dengan
kenyataan yang mereka rasakan, sehingga konsumen puas dan akan membentuk
pengalaman konsumen yang positif. Kepuasan konsumen merupakan variabel
mediator yang menghubungkan variabel kualitas layanan, kepercayaan dan
kesetiaan konsumen.
2. Skala Interpersonal (Interpesonal Scale)
Dalam skala interpersonal diukur mengenai hubungan interpersonal, yaitu
hubungan satu individu dengan individu lain yang ada di lingkungannya dengan
baik. Hubungan interpersonal juga dapat dipahami sebagai hubungan baik
antara organisasi bisnis dengan konsumen. 
3. Terpercaya (Trustworthiness)
Terpercaya berkenaan dengan kepercayaan konsumen pada kebaikan
kemampuan, kejujuran, integrasi keandalan dan ketulusan dalam pelayanan
yang diberikan
4. Hasil Kepercayaan (Out Comes of Trust)
Kepercayaan berkaitan dengan tindakan, bukan hanya berhubungan dengan
kognitif maupun afeksi konsumen. Kepercayaan harus menimbulkan perilaku
loyalitas konsumen sehingga terus menererus melakukan pembelian ulang

No comments:

Post a Comment