Sunday, October 24, 2021

Karaketeristik Kepercayaan Konsumen (skripsi dan tesis)

 


Kepercayaan dibangun atas sejumlah karakteristik. Berbagai karakteristik
yang berkenaan dengan kepercayaan konsumen dinyatakan oleh Prianso,
(2017:117) sebagai berikut:
1. Menjaga Hubungan
Konsumen yang percaya akan senantiasa menjaga hubungan yang baik antara
dirinya dengan perusahaan karena ia menyadari bahwa hubungan yang baik
akan memberikan dampak yang menguntungkan bagi dirinya baik saat ini
maupun di masa yang akan datang.
2. Menerima Pengaruh
Konsumen yang memiliki kepercayaan yang tinggi akan mudah untuk
dipengaruhi sehingga biaya perusahaan/pemasar untuk program pemasaran
menjadi semakin murah
3. Terbuka dalam komunikasi
Konsumen yang memiliki kepercayaan tinggi terhadap perusahaan akan
memberikan informasi yang konstruktif bagi perusahaan sehingga arus 
informasi menjadi tidak tersendat yang memudahkan perusahaan/pemasar
untuk bertindak dengan cepat.
4. Mengurangi Pengawasan
Konsumen yang percaya biasanya jarang mengkritik sehingga ia mengurangi
fungsi pengawasan terhadap perusahaan/pemasar
5. Kesabaran
Konsumen yang percaya akan memiliki kesabaran yang berlebih dibandingkan
dengan konsumen biasa
6. Memberikan Pembelaan
Konsumen yang percaya akan memberikan pembelaan kepada
perusahaan/pemasar ketika produk yang dikonsumsinya dikritik oleh
kompetitor atau bahkan pengguna lainny yang tidak suka
7. Memberi Informasi yang Positif
Konsumen yang percaya akan selalu memberikan informasi yang positif dan
membangun bagi perusahaan
8. Menerima Risiko
Konsumen yang percaya akan menerima risiko apapun ketika ia memutuskan
untuk menggunakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan sehingga ia tidak
akan mudah mengeluh dan mengkritik ketika mengkonsumsi produk
9. Kenyamanan
Konsumen yang percaya akan melakukan pembelian secara berulang-ulang
karena ia percaya bahwa perusahaan/pemasar memberikan kenyamanan untuk
mengkonsumsi produk dalam jangka pendek maupun jangka panjang 
10. Kepuasan
Konsumen yang percaya akan mudah untuk memberikan kepuasan daripada
konsumen yang tidak percaya. Dengan demikian maka kepuasan konsumen
dapat diwujudkan oleh perusahaan dengan lebih mudah

No comments:

Post a Comment