Sunday, October 24, 2021

Indikator Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

 


Ada tiga indikator dalam menentukan keputusan pembelian (Kotler and
Keller, 2012), yaitu:
a. Kemantapan pada sebuah produk
Pada saat melakukan pembelian, konsumen memilih salah satu dari beberapa
alternatif. Pilihan yang ada didasarkan pada mutu, kualitas dan faktor lain yang
memberikan kemantapan bagi konsumen untuk membeli produk yang 
dibutuhkan. Kualitas produk yang baik akan membangun semangat konsumen
sehingga menjadi penunjang kepuasan konsumen.
b. Kebiasaan dalam membeli produk
Kebiasaan adalah pengulangan sesuatu secara terus-menerus dalam melakukan
pembelian produk yang sama. Ketika konsumen telah melakukan keputusan
pembelian dan mereka merasa produk sudah melekat dibenaknya bahkan
manfaat produk sudah dirasakan. Konsumen akan merasa tidak nyaman jika
membeli produk lain.
c. Kecepatan dalam membeli sebuah produk
Konsumen sering mengambil sebuah keputusan dengan menggunakan aturan
(heuristik) pilihan yang sederhana. Heuristik adalah sebuah proses yang
dilakukan seseorang dalam mengambil sebuah keputusan secara cepat,
menggunakan sebuah pedoman umum dalam sebagian informasi saja

No comments:

Post a Comment