Thursday, October 21, 2021

Pengertian Komitmen Organisasi (skripsi dan tesis)

 


Dalam perilaku organisasi menurut Stephen P. Robbins dan
Timothy mengartikan komitmen organisasi merupakan suatu keadaan
dimana seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuantujuan dari keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam
organisasi tersebut. Menurut Fred luthans menyatakan komitmen
organisasi merupakan: (1) keinginan yang kuat untuk menjadi
anggota dalam suatu kelompok, (2) kemauan usaha yang tinggi untuk organisasi, (3) suatu keyakinan tertentu dan penerimaan terhadap
nilai-nilai dan tujuan-tujuan organisasi. 
Sedangkan menurut Mathis dan Jackson dikutip oleh sopiah
mendefinisikan bahwa komitmen organisasi adalah derajat yang mana
karyawan percaya dan menerima tujuan-tujuan organisasi dan akan
tetap tinggal atau tidak akan meninggalkan organisasi.10 Komitmen
dalam bahasa latin berarti commiteri, to connect, entrust the state of
being obligated or emmotionally impelled, yakni keyakinan yang
mengikat aqad sedemikian kukuhnya sehingga membelenggu seluruh
hati nuraninya kemudian menggerakkan perilaku menuju arah tertentu
yang diyakininya, dalam Islam disebut i’tiqa  
 

No comments:

Post a Comment