Sunday, October 24, 2021

Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)

 


Manajemen pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam
perusahaan. Menurut Kotler and Keller (2016:27) manajemen pemasaran sebagai
seni dan ilmu untuk memilih target pasar dan mendapatkan, menjaga, dan
menumbuhkan pelanggan melalui menciptakan, memberikan, dan
mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul.
Manajemen pemasaran menurut Prianso (2017:4) adalah
Ilmu dan seni dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri
dari perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian, serta pengendalian
dalam rangka menyampaikan produk dam nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya dari pihak produsen ke konsumen. 
Manajemen pemasaran dipandang sebagai seni dan ilmu, artinya tidak
hanya berupa pengetahuan tetapi juga keterampilan berpraktek yang dapat berbedabeda bagi setiap orang (Dharmmesta, 2014:9)
Sedangkan menurut Suhardi (2018:276), manajemen pemasaran adalah
proses perencanaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan pengendalian /
pengawasan kegiatan bisnis dan mendistribusikan barang/jasa pada suatu
perusahaan agar dapat tercapainya target/tujuan perusahaan secara efektif dan
efisien sampai ke tangan konsumen.

No comments:

Post a Comment